Unik

Apa sih fungsi tulang telapak kaki? Ini penjelasan lengkapnya

Apa sih fungsi tulang telapak kaki? Untuk diketahui, telapak kaki punya peran penting bagi tubuh manusia. Sebab semua area bagian bawah tubuh kerap kerja sama untuk pastikan manusia bisa berjalan, diri, dan seimbangkan tubuh.

Kaki sendiri merupakan bagian tubuh paling bawah. Pada kaki, terdiri atas 26 ruas tulang, 33 sendi, 19 otot, dan kurang lebih 109 ligamen.

Nah lantas seperti apa fungsinya? Fungsi utama tulang telapak kaki adalah untuk menahan beban dan juga keseimbangan sesuai dengan permukaan. Di antaranya, menahan berat badan, memberi keseimbangan pada tubuh, menyerap goncangan atau getaran, mengganti fungsi tangan pada kondisi tertentu.

Namun ada juga yang perlu Anda ketahui, yakni seputar penyakit yang bisa ganggu fungsi tulang kaki. Salah satunya adalah pakai sepatu yang kekecilan.

Nah, berikut sebagian penyakit yang mungkin menyerang tulang telapak kaki:

  1. Arthritis ibu jari

Arthritis adalah sakit pada sendi yang bisa terjadi di bagian tubuh mana saja. Namun, pada telapak kaki, biasanya menyerang di bagian bawah tulang ibu jari.

Umumnya, dikenal sebagai arthritis ibu jari alias hallux limitus maupun hallux rigidus. Arthritis ibu jari bisa terjadi karena tulang rawan di persendian tidak lagi lentur karena cedera maupun aktivitas berlebihan.

Penyakit yang mengganggu fungsi tulang telapak kaki ini ditandai dengan munculnya rasa kaku dan bengkak pada jempol kaki, pengapuran tulang, serta peradangan.

  1. Gout (asam urat)

Penyakit yang mengganggu fungsi tulang telapak kaki ini merupakan tipe dari arthritis yang sudah meradang. Gout atau asam urat bisa terjadi di bagian telapak kaki mana saja.
Namun, umumnya yang paling sering muncul ialah di dasar tulang jempol kaki. Gout bisa muncul ketika kadar asam urat dalam darah sangat tinggi.

Asam urat berlebih ini akan mengkristal di persendian, sehingga mengakibatkan nyeri hingga bengkak pada bagian tubuh tersebut.

  1. Bunion

Bunion adalah kondisi adanya benjolan di dekat dasar tulang ibu jari. Orang yang mengidap bunion biasanya merasakan ketidaknyamanan hingga nyeri.
Biasanya, rasa sakit pada area terdampak akan terasa semakin parah ketika ia berdiri atau berjalan.

  1. Hammertoe

Jari-jari kaki lainnya juga berisiko mengalami penyakit hammertoe alias jari kaki yang menunjuk ke bawah sehingga terlihat seperti cakar.

Kondisi ini akan mengakibatkan munculnya penebalan kulit alias kapalan di ujung jari akibat bergesekan dengan sepatu atau kaus kaki.

Penderitanya juga kerap merasa nyeri karena seperti berjalan di atas batu terus-menerus. Ibu jari yang awalnya tidak terdampak juga bisa merasakan sakit karena tekanan saat memakai sepatu.

  1. Tulang retak

Kondisi kaki retak yang bisa sampai mengganggu fungsi tulang telapak kaki biasanya terjadi karena adanya aktivitas berat dan berulang.

Sebagai contoh, berjalan dan berlari. Retak ini biasanya bersifat mikroskopik yang bisa kembali memadat jika Anda cukup beristirahat.

Meskipun demikian, kadang tingkat pemulihan tulang yang dilakukan tubuh kalah cepat dengan bertambah parahnya keretakan pada tulang telapak kaki. Penyebabnya adalah karena tubuh kurang memproduksi hormon tiroid, kalsium, atau vitamin D. Pada level ini, Anda mungkin akan mengalami stress fracture.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close