Fit

10 Aplikasi ini bisa bantu orangtua awasi anak bermain gadget, gratis tersedia di playstore

Aplikasi yang bisa awasi anak bermain gadget.

Di era serba gadget segala hal menjadi mudah. Namun bagai dua mata pisau gadget juga punya dampak buruk terutama bagi tumbuh kembang anak. Minimnya kontrol diri untuk memilih konten membuat orangtua kerap kecolongan ketika mendapati anak-anak mengonsumsi konten yang tidak semestinya. Alhasil, orangtua harus ekstra mengawasi anak-anak dalam penggunaan gadget.

Nah, untuk memaksimalkan pengawasan anak dalam penggunaan gadget, kamu bisa mencoba aplikasi parenting yang bisa membantu untuk mengontrol anak menggunakan gadgetnya.

Dilansir berbagai sumber, berikut ini informasi 10 aplikasi parenting untuk mengawasi anak yang menggunakan gadget.

Google Family

Aplikasi Google Family ini dapat membantu orangtua memantau kegiatan anak-anak saat menggunakan gadget. Dengan aplikasi ini orangtua bisa membatasi waktu pemakaian perangkat dan mengunci perangkat sesuai yang telah diatur.

Orangtua juga dapat menyetujui atau memblokir aplikasi yang ingin diunduh oleh anak dari Google Play Store. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengelola pembelian dalam aplikasi dan menyembunyikan aplikasi tertentu di perangkat anak.

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur untuk melacak keberadaan anak lho, karenanya dengan satu aplikasi Mama bisa langsung mengontrol anak dengan jarak jauh.

Kids Place – Parental Control

Aplikasi ini bisa dibilang seperti asisten pribadi untuk menjaga anak. Sebab, aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap untuk para orangtua dalam mengawasi anak.

Aplikasi ini bisa membantu untuk mencegah anak membuat panggilan telepon, memlakukan SMS, mendownload aplikasi baru, memblokir pembelian di Play Store, memblokir situs web, dan mengatur durasi penggunaan gadget.

Ilustrasi belajar memakai laptop. Foto: Ist
Ilustrasi belajar memakai laptop. Foto: Ist

Qustodio Parental Control

Aplikasi ini dapat membantu orangtua memantau smartphone anak-anak. Dengan Qustodio Parental Control, orangtua dapat mengatur batas waktu untuk aplikasi dan game.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melacak, memfilter panggilan, memantau SMS, hingga melacak keberadaan ponsel anak. Apliksi ini dapat membantu orangtua mengawasi hingga 15 perangkat sekaligus.

Kaspersky SafeKids

Kaspersky SafeKids merupakan aplikasi yang dapat digunakan orangtua untuk memblokir situs berbahaya, mengelola penggunaan aplikasi, mengatur batas waktu layar, hingga memantau keberadaan anak saat bermain bersama ponselnya.

Jika menggunakan versi premium, orangtua akan mendapatkan akses untuk memeriksa riwayat penelusuran YouTube anak-anak. Selain itu, orangtua juga akan mendapat pemberitahuan real time tentang apa yang mereka lakukan dengan ponselnya.

SecureTeen Parental Control

Aplikasi ini bisa membantu orangtua untuk mengontrol anak selama 24 jam. Dengan aplikasi ini Mama bisa mengatur berapa lama anak-anak menggunakan ponsel atau tablet.

Selain itu, aplikasi ini bisa melacak aktivitas anak pada situs jejaring sosial, memeriksa riwayat pencarian web, dan mengontrol semua aktivitas anak dengan gadgetnya.

ESET Parental Control

Dengan aplikasi ESET Parental Control orangtua dapat melakukan pemantauan seperti pemblokiran aplikasi, kontrol aplikasi berbasis waktu, pencari lokasi anak, dan menunjukkan situs web yang paling banyak dikunjungi.

Orangtua juga bisa memasukkan usia anak dan katagori yang akan diblokir otomatis, seperti perjudian dan pornografi.

MMGuardian Parental Control

Fitur-fitur dalam aplikasi ini dapat membantu orangtua untuk mudah melacak SMS, panggilan, tautan Web, penggunaan aplikasi, dan memblokir semua yang tidak diperlukan anak. Aplikasi ini bisa memantau gadget anak dari jarak jauh.

Aplikasi ini juga akan memberikan notifikasi saat pesan teks atau penelusuran web pada gatget anak menunjukkan sexting, cyberbullying, pikiran untuk bunuh diri, dan banyak lagi. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberi notifikasi ketika anak memiliki atau mengirim pesan MMS, bersifat dewasa atau menunjukkan sexting.

Kids Zone

Kids Zone dapat membantu orangtua untuk menerapkan batas waktu layar, memblokir pembelian dalam aplikasi, memblokir pembelian di Google Play Store, memblokir SMS dan teks. Aplikasi ini juga bisa membatasi penggunaan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat dan media sosial lainnya.

Plano

Plano pada dasarnya adalah aplikasi kesehatan mata yang memberikan pengguna berbagai fitur untuk mengelola penglihatan dan kesehatan mata anak.Dengan aplikasi ini orangtua dapat memberikan pemantauan kesehatan mata seperti, deteksi mata ke layar, petunjuk istirahat mata, pemantauan postur, deteksi cahaya rendah dan filter cahaya biru.

FamilyTime

Dengan aplikasi FamilyTime orangtua dapat dengan mudah mengaktifkan pencarian aman, mengatur batas layar, memblokir aplikasi, memantau panggilan dan SMS. Dengan aplikasi ini kamu bisa menyetel batas waktu pemakaian perangkat harian pada aplikasi tertentu di perangkat Android milik anak.

Aplikasi FamilyTime ini juga akan memberi laporan tentang aplikasi apa yang sering digunakan anak dan berapa lama mereka menggunakannya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close