Hobi

Jangan install! Aplikasi ini bisa bikin akun WhatsApp diblokir permanen

WhatsApp memperingatkan penggunanya untuk tidak memasang aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi. Aplikasi tersebut adalah WhatsApp modifikasi (mods) seperti WhatsApp GB. Jika terdeteksi aplikasi ini terpasang, maka para pengguna akan diblokir oleh WhatsApp.

Sekilas, WhatsApp GB mungkin akan mengecoh sebagian pengguna, karena namanya yang sangat mirip. Selain itu, sebagian pengguna juga mungkin akan menganggap bahwa itu adalah keluaran resmi dari WhatsApp. Padahal faktanya, WhatsApp GB tidak ada hubungannya dengan WhatsApp yang asli.

Muslima Fest

WhatsApp GB sendiri menjanjikan sejumlah fitur yang tidak ditemukan di WhatsApp resmi, termasuk kemampuan untuk membalas pesan teks secara otomatis, mengirim lebih banyak foto dalam sekali kirim, menyembunyikan tanda terima yang telah dibaca saat masih bisa membaca status orang lain dan keuntungan lainnya, yang tidak tersedia di aplikasi WhatsApp resmi.

Aplikasi WhatsApp. Foto: NDTV
Aplikasi WhatsApp. Foto: NDTV

Aplikasi Android tersebut juga terhubung ke akun WhatsApp pengguna, yang membuka fitur-fitur yang belum tersedia di versi resmi WhatsApp. Memang, fitur-fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp GB sangatlah menarik bagi pengguna.

Namun demikian, peringatan dari WhatsApp untuk tidak mengunduh aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi haruslah didengarkan. Seperti telah disebut, WhatsApp akan memblokir akun pengguna yang memasang aplikasi pihak ketiga tidak resmi.

“Jika Anda menerima pesan dalam aplikasi yang menyatakan bahwa akun Anda ‘diblokir sementara’, ini berarti Anda kemungkinan menggunakan versi WhatsApp yang tidak didukung daripada aplikasi WhatsApp resmi,” kata perusahaan milik Facebook itu disitat laman Express, Jumat 9 Juli 2021.

Aplikasi WhatsApp. Foto: The Financial Express

“Jika Anda tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara, akun Anda mungkin akan diblokir secara permanen dari penggunaan WhatsApp,” lanjutnya.

Aplikasi seperti WhatsApp GB yang bisa meningkatkan fitur yang belum dibawa oleh WhatsApp resmi sendiri dilarang penggunaannya karena alasan keamanan.

“Aplikasi yang tidak didukung, seperti WhatsApp Plus, WhatsApp GB, atau aplikasi yang mengklaim dapat memindahkan obrolan WhatsApp antar ponsel, adalah versi WhatsApp yang telah diubah,” ujar WhatsApp kepada The Sun.

“Aplikasi tidak resmi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar Persyaratan Layanan kami. WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanan mereka,” tegas perusahaan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close