Hobi

Aplikasi seru, bisa naik haji dan cium Hajar Aswad tanpa berdesakan

Sebuah perusahaan membuat aplikasi simulator serunya menikmati kota suci Mekkah, memungkinkan penggunanya naik haji dan cium Hajar Aswad tanpa berdesakan.

Beberapa waktu lalu, secara resmi pemerintah Arab Saudi melarang adanya penerbangan ke negeranya terkait pelaksanaan ibadah umrah dan haji.

Hal itu dilakukan untuk meminimalisir adanya segerombolan orang yang berkumpul dan berpotensi terjadinya penyebaran virus COVID-19.

Baca juga: Terkuak, pandangan sinis dan rasisme Albert Einstein ke etnis China

Ribuan jemaah asal tanah air harus mengurungkan niatnya untuk pergi ke tanah suci di awal tahun 2020 ini. Keputusan mereka untuk beribadah ke Mekkah harus ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Namun jangan khawatir, di tengah gagalnya keberangkatan tersebut, sebuah perusahaan yang berpusat di Jerman membuat aplikasi virtual berisi realitas suasana dan keadaan di tanah suci Mekah dan Madinah.

Aplikasi bernama Muslim 3D yang dirancang oleh perusahaan aplikasi BIGITEC GmbH ini, menampilkan simulator seseorang sedang melaksanakan ibadah di tanah suci.

Aplikasi Muslim 3D. Foto: YouTube
Aplikasi Muslim 3D. Foto: YouTube

Disitat dari Arab News, direktur BIGITEC GmbH, Adan Maqbool menjelaskan, aplikasi ini dibuat semirip mungkin dengan kondisi sesungguhnya di Mekkah dan Madinah.

“Anda akan merasa seolah-olah Anda benar-benar berjalan di sepanjang jalur Safa dan Marwa, merasakan lingkungan Jamarat dan mengalami tawaf di sekitar Ka’bah,” ujar Adnan.

Meski ukuran aplikasi tersebut lumayan besar, yakni 285 megabyte, Adnan mengatakan aplikasi virtual ini bakal menawarnak pemandangan 360 derajat dengan resolusi yang cukup tinggi. Nantinya, pengguna bisa berkeliling dengan bebas di sekitaran tempat-temoat suci umat Islam.

“Kami juga mengambil sekitar 80.000 foto situs suci dalam resolusi ultra-tinggi 8K (7.680 x 4.320 piksel) untuk proyek yang memungkinkan untuk melihat detail kecil seperti tekstur rumit pada pilar,” kata Adnan.

Meski telah diluncurkan sejak tahun 2019 silam, namun aplikasi ini kembali viral di media sosial baru-baru ini. Seperti halnya yang diunggah oleh salah satu akun Twitter @BanyuSadewa, ia membagikan sebuah video singkat berdurasi 10 detik yang menampilkan aplikasi simulator tersebut.

Terlihat seorang pria mengenakan pakaian ihram sedang berada di dekat Kabah. Terdengar pula sebuah backsound khas yang menggambarkan seseorang sedang berada di tanah suci.

Aplikasi Muslim 3D. Foto: YouTube
Aplikasi Muslim 3D. Foto: YouTube

Sambil bercanda, ia pun memberi keterangan rasa syukurnya karena bisa naik haji meski dengan jalur yang berbeda dari biasanya.

“Alhdamdulillah ya Allah, akhirnya bisa naik Haji jalur simulator,” cuitnya.

Hingga tulisan ini dibuat, unggahan tersebut sudah ditonton sebanyak 281 ribu kali, dengan jumlah penyuka sebanyak 18,9 ribu pengguna.

Sejumlah warganet pun mengomentari unggahan itu dan menilai serunya beribadah di tanah suci ketika sepi karena tak perlu berdempetan dengan jemaah lain ketika mencium hajar aswad.

“Enak ya sepi bener dah wkwk. Kalo mau nyium hajar aswad gaperlu dempet dempetan ama orang nih,” kata akun @imaghiinasi.

“Alhamdulillah akhirnya terwujud,” ujar @dwida_nanto.

Nah buat kamu yang tertarik, kamu bisa download aplikasi ini di Play Store. Kapan lagi bisa merasakan suasana naik haji di kota suci secara virtual, gratis pula. (re2)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close