Hobi

Apple klaim iOS lebih aman dibanding Android, ini alasannya

Apple menyatakan iOS lebih aman daripada Android. Hal ini, kata Apple, dikarenakan iOS tidak mengizinkan sideloading aplikasi seperti yang ada di Android.

Sideloading sendiri adalah sebuah proses install aplikasi yang bisa dilakukan di toko aplikasi utama. Dengan begitu, aplikasi tak resmi seperti dari web atau toko aplikasi pihak ketiga bisa dipasang di perangkat.

Muslima Fest

Dokumen Apple, berjudul Building a Trusted Ecosystem for Millions of Apps, menyatakan bahwa, “malware seluler dan ancaman keamanan dan privasi yang dihasilkan semakin umum dan sebagian besar hadir pada platform yang memungkinkan sideloading.”

Laporan itu dirilis Apple sebagai tanggapan atas Komisi Eropa yang memaksa sideloading bisa dilakukan di iPhone.

Apple mengutip laporan Nokia yang diterbitkan tahun 2019 dan 2020, di mana perangkat Android memiliki rentan 15 hingga 47 kali dari software berbahaya ketimbang iPhone.

Logo Apple. Foto: The News Wheel
Logo Apple. Foto: The News Wheel

Menukil Mac Rumors, Selasa 19 Oktober 2021, sebuah studi menemukan bahwa 98 persen malware seluler menargetkan perangkat Android. Ini terkait erat dengan sideloading. Pada tahun 2018, misalnya, perangkat Android yang menginstall aplikasi di luar Google Play, delapan kali lebih mungkin terpengaruh oleh aplikasi yang berpotensi berbahaya.

Di sisi lain, Apple mengklaim bahwa malware di iOS jarang terjadi dan mengatakan bahwa banyak serangan pada platform tersebut adalah serangan yang ditargetkan secara sempit.

“Para ahli umumnya setuju bahwa iOS lebih aman dibandingkan dengan Android, sebagian karena Apple tidak mendukung sideloading,” ujar Apple.

Apple mengatakan jika dipaksa untuk mengizinkan sideloading, pengguna akan menjadi sasaran aplikasi yang lebih berbahaya dan memiliki lebih sedikit kontrol atas aplikasi setelah mereka mengunduhnya ke perangkat mereka.

Apple menambahkan bahwa beberapa undang-undang sideloading yang diusulkan juga akan mengamanatkan penghapusan perlindungan terhadap akses pihak ketiga ke elemen perangkat keras berpemilik dan fungsi sistem operasi non-publik, yang mengakibatkan risiko keamanan dan privasi bagi pengguna.

Logo Apple. Foto: Floris Andrea di Unsplash

Apple menambahkan bahwa bahkan pengguna yang tidak ingin melakukan sideload dan lebih suka mengunduh aplikasi hanya dari App Store akan dirugikan jika sideloading diwajibkan.

Selain itu, Apple mengatakan penjahat dapat menipu pengguna untuk mengesampingkan aplikasi dengan meniru tampilan App Store atau dengan mengiklankan fitur gratis atau eksklusif.

CEO Apple Tim Cook sebelumnya mengklaim bahwa aplikasi sideloading akan menghancurkan keamanan iPhone dan banyak inisiatif privasi yang telah dibangun di App Store.

Apple telah menghadapi pengawasan yang meningkat atas App Store-nya, yang tetap menjadi satu-satunya tempat untuk menginstall aplikasi di iPhone dan iPad.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close