Trending

Arteria Dahlan benarkan PDIP rekrut orang-orang PKI, apa alasannya?

Beberapa waktu lalu, musisi kenamaan Indonesia, Ahmad Dhani secara tak langsung menyebut PDIP merupakan tempat berkumpulnya orang-orang PKI. Terkait hal itu, politisi PDIP, Arteria Dahlan tak merisak ucapan pentolan Dewa 19 tersebut. Dia justru membenarkan.

Arteria Dahlan mengatakan, ada sejumlah anggota PDIP yang berasal dari keturunan PKI. Namun, hal tersebut bukan hanya terjadi di tubuh PDIP, melainkan juga di partai politik lain.

“Jadi kalau ditanya apakah PDI Perjuangan ada PKI-nya? Ya jelas. Karena kami partai terbuka. Dan tapi yang perlu kita ingatkan. Bukan hanya di PDI perjuangan yang ada PKI-nya. Nanti teman-teman cari sendiri di partai mananya,” ujar Arteria Dahlan, dikutip dari Detik, Senin 5 Oktober 2020.

Sosok Arteria Dahlan. Foto: Antara
Sosok Arteria Dahlan. Foto: Antara

Namun, kata dia, ada satu hal yang perlu dipahami. Yakni, PDIP tidak hanya merekrut orang-orang PKI saja. Sebab, partai berlambang banteng tersebut juga memiliki banyak anggota yang berasal dari latar belakang lain, seperti anak TNI, anak polisi, dan juga anak birokrat.

Baca juga: Banser NU heran orang-orang takut PKI, padahal HTI lebih ngeri

Maka, Arteria beranggapan, memang benar ada sejumlah orang PKI di tubuh PDIP, namun demikian tidak membuat partai tersebut layak disebut sarang komunis. Soalnya, perbandingan jumlahnya cukup mungkin tak setimpal.

“Tapi di PDI Perjuangan bukan hanya anak PKI. Anak PRRI, anak DI-TII, dan utamanya lagi banyak anak TNI, banyak anak polisi, banyak anak birokrat. Kenapa enggak dibilang partai TNI, partai polisi, partai birokrat? Gitu ya,” terang Arteria.

“Banyak PDI Perjuangan merekrut PKI. PDI Perjuangan merekrut orang yang terpinggirkan. Orang yang termarjinalkan. Contohnya saya. Kami dari keluarga PRRI, diambil. Ya kenapa enggak dibilang PDI Perjuangan PRRI Permesta gitu?” sambungnya.

Sejumlah kader Partai PDI Perjuangan melakukan aksi unjuk rasa dengan mengibarkan bendera di halaman Polres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/6/2020).
Bendera PDIP. Foto: Antara

Patuhi aturan main di PDIP

Arteria Dahlan mengingatkan, meski berasal dari sejumlah kelompok dan latar belakang berbeda, namun saat sudah bergabung dengan PDIP, mereka harus berpegang pada ideologi serta patuh terhadap aturan yang telah disepakati partai.

“Kenapa bisa begitu? Karena konstitusional. Ada TAP MPR 1 2003. TAP MPR Nomor 1 Tahun 2003. Nah tapi semua, yang bahkan saya PRRI, ada yang DI/TII, ada yang PKI. Begitu masuk ke PDI Perjuangan, ikut aturan main PDI Perjuangan. Apa? Ikut pada hukum negara.”

“Ideologinya bukan ideologi PRRI lagi tapi ideologinya adalah ideologi sesuai anggaran dasar anggaran rumah tangga plus hukum negara,” kata dia.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close