Fit

Arti kedutan mata kiri atas menurut primbon dan medis, pertanda baik atau buruk?

Hopers, pernah gak kalian mengalami kedutan mata di bagian kiri atau kanan atas? Ya, kedutan mata memang dipercaya memiliki arti tersendiri menurut primbon. Menurut berbagai sumber yang dihimpun Hops, arti kedutan mata kiri punya makna berbeda tergantung di mana letaknya. Tapi, apa sih sebenarnya arti kedutan mata jika dilihat secara medis?

Nah, penasaran kan? Yuk, simak artikel berikut selengkapnya!

Muslima Fest

Arti kedutan mata kiri menurut primbon

Ilustrasi mata. Foto: Unsplash/Marina Vitale
Ilustrasi mata. Foto: Unsplash/Marina Vitale

Kelopak kiri

Jika kelopak mata kiri kamu yang berkedut, biasanya dikaitkan dengan pertanda akan mengalami peristiwa yang kurang menyenangkan. Salah satunya adalah berupa kesedihan. Kesedihan sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti perpisahan dengan orang yang disayang hingga perasaan kehilangan.

Alis kiri

Jika kedutan di kelopak kiri menandakan sesuatu yang kurang baik, beda halnya dengan kedutan di alis kiri. Kedutan di alis kiri justru merupakan pertanda baik. Jika kamu merasakan kedutan di alis kiri, konon kamu akan mendapatkan sebuah keberuntungan. Biasanya, keberuntungan sendiri banyak macamnya, bisa berupa harta, orang yang dicintai, ataupun yang lainnya.

Sudut mata kiri atas

Pernah gak kamu merasakan kedutan di sudut mata kiri atas? Konon, menurut primbon Jawa, kamu akan bertemu kembali dengan saudara yang telah lama berpisah jika mengalami kedutan pada bagian ini.

Bola mata kiri

Sama seperti alis, bola mata juga dipercaya bisa mengalami kedutan. Jika bola mata kiri kamu mengalami kedutan, konon ini juga merupakan pertanda kabar bahagia.

Ilustrasi mata. Foto: Unsplash/Bacila Vlad
Ilustrasi mata. Foto: Unsplash/Bacila Vlad

Penyebab kedutan mata secara medis

Dilansir dari Hellosehat, mata berkedut dalam dunia media dikenal dengan istilah myokymia. Adapun denyutan tersebut disebabkan oleh saraf kelopak mata bagian atas atau bawah yang menegang dan kejang. Biasanya, kedutan yang terjadi di mata tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya.

Namun, pada beberapa kasus, kedutan mata juga bisa sangat menganggau jika intensitasnya terlalu sering ataupun terlalu kuat.

Ada beberapa faktor sebenarnya yang menjadi pemicu kedutan pada mata, di antaranya kelelahan atau kurang tidur, konsumsi kafein, rokok atau alkohol, terlalu lama menatap gadget, hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Tak hanya itu, kedutan pada mata juga bisa menandakan adanya penyakit tertentu, seperti Blepharospasm, Hemificial spasm, Bell’s palsy, Dystonia, Multiple sceloris

Untuk lebih memahami kedutan mata yang kamu alami, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter, ya, Hopers!

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close