Hot

Artis calon raja Solo, Paundra restui ibunya Sukmawati pindah agama Hindu

Kabar Sukmawati Soekarnoputri yang berpindah agama menjadi Hindu mendapat banyak sorotan publik. Sukmawati sendiri sudah mengantongi izin dari ketiga anaknya, termasuk Paundra untuk memeluk agama yang dianut ibunda Bung Karno, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

Paundra sendiri pernah mencicipi dunia entertainment sebagai pemain sinetron, bintang iklan dan penyanyi. Kini, selepas kepergian ayahandanya, KGPAA Mangkunegara IX, Paundra digadang-gadang sebagai salah satu calon penerus takhta Raja Mangkunegaran.

Muslima Fest

Paundra dan saudara lainnya izinkan Sukmawati pindah agama

Keputusan Sukmawati untuk memeluk Hindu sudah dibicarakan kepada keluarga, termasuk Paundra. Menurut informasi dari Ketua The Soekarno Center, Arya Wedakarna, anak-anak mendukung keputusan tersebut. “Putra-putri beliau ada tiga orang kan. Mendapat persetujuan juga dari kakak dan adik putri Bung Karno yang lain seperti Ibu Mega, Ibu Rahma almarhum, Bapak Guntur, dan Bapak Guruh,” katanya dikutip dari Solopos.com, baru-baru ini.

Hari ini, adalah prosesi perpindahan keyakinan Sukmawati menjadi seorang penganut Hindu, bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-70 tahun. Dalam kesempatan tersebut, dia juga didampingi oleh salah satu putranya, Muhammad Putra Perwira Utama. Memang tidak tampak kehadiran Paundra, tapi dia sudah mendukung keputusan ibunya tersebut.

Paundra dan ibunya, Sukmawati. Foto: Instagram @aryawedakarna

Calon Raja Solo

Pria bernama lengkap Gusti Pangeran Hariyo (G.P.H) Paundrakarna Jiwo Suryonegoro ini merupakan putra sulung KGPAA Mangkunagoro IX dengan Sukmawati Soekarnoputri.  Namanya masuk dalam kandidat calon Raja Mangkunegaran, Solo.

Lewat unggahan di Instagram, Paundra menulis, “Untuk menjadi raja itu bukanlah sebuah kompetisi, bukanlah pemilih legislatif, bukanlah ajang pencitraan, bukanlah dengan kepentingan pribadi yang dilandasi ego dan ambisi pribadi apalagi golongan. Tetapi tidak lain dan tak jua adalah mutlak atas kuasa, atas kasih, atas kehendak, atas rahmat dan bimbingan dari Gusti Allah SWT Tuhan seru sekalian alam beserta para pendahulu.”

Dia juga meminta keluarga besarnya dihargai serta mengingatkan bahwa statusnya merupakan cucu Presiden Soekarno, putra Mangkunagoro IX,  dan cucu Kanjeng Gusti Mangkunegoro VIII.

Untuk pihak yang berniat jahat, dia mengingatkan adanya hukum karma. “Ingatlah akan karma, hukum tabur-tuai, melati dan kuwalat itu jelas-jelas ada dan pasti terjadi bagi siapapun yang tidak baik pada saya dan Puro Mangkunegaran, salam,” ungkapnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close