Hot

9 Artis dituduh plagiat K-Pop, Via Vallen minta maaf mengaku tak tahu

Beberapa nama artis dituduh plagiat K-Pop. Baru-baru ini nama pedangdut Via Vallen mengemuka di media sosial lantaran video klip terbarunya dituding plagiat salah satu artis Korea Selatan.

Musik K-Pop kini memang menjadi tren di seluruh dunia. Berbagai kalangan dari muda hingga tua mengaku menggilai musik, hingga gaya berbusana artis Korea Selatan terutama musik K-Pop.

Baca juga: 6 Artis meninggal muda di puncak popularitas, ada yang dikira ‘nyusul’ kekasih

Hal itu suka tak suka berdampak ke industri musik Tanah Air. Alih-alih mencoba mengambil hati penggemar Korea, justru malah membuat beberapa nama musisi dituduh melakukan plagiat.

Tak cuma musiknya, beberapa nama artis Indonesia dituduh meniru konsep MV hingga penampilannya. Berikut ini 9 daftar penyanyi yang dituduh plagiat K-Pop.

Via Vallen

Nama penyanyi Via Vallen mungkin tidak asng dengan jenais musik dangdutnya yang punya konsep kekinian. Via kerap membawakan genre dangdut yang ia kombinasikan dengan musik pop.

Namun beberapa waktu lalu, video klip Via Vallen dituduh plagiat atau meniru video klip artis asal Korea Selatan IU yang berjudul ‘Above The Time’.

Menanggapi tudingan tersebut. Via Vallen mengaku tidaka banyak tahu soal video klip milik IU. Ia juga mengatakan dirinya sama sekali bukan pengemar K-Pop.

Melalui unggahan Insta Story Instagram-nya, Via Vallen mengakui bahwa video klip ” Kasih Dengarkanlah Aku” sangat mirip dengan video musik IU yang berjudul ” Above The Time”.

Via Vallen menegaskan, dugaan plagiat ini sama sekali tidak ada unsur kesengajaan dari dirinya sendiri. “Aku minta maaf soal music video terbaru aku yang ternyata memang muiripp banget sama music video IU,” tulis Via Vallen.

Manajemen Via Vallen juga mengatakan soal video klip tersebut tak ada hubungannya dengan Via. Semua murni ide dari sutradara.

Reza Arap

Reza Arap, Foto: Instagram
Reza Arap, Foto: Instagram

Youtuber Reza Arap atau Reza Oktovian juga pernah tersandung kasus plagiat pada karyanya, King (Of Tale). Lagu yang beraliran musik rap ini dinilai terlalu mirip dengan karya member BigBang, G Dragon yang berjudul Bullsh*t pada 2017 lalu.

Banyak warganet yang berkomentar jika lagu baru Reza merupakan hasil remake dari lagu GD yang sudah lebih dulu dirilis pada pertengahan tahun 2017.

Meskipun ramai dibicarakan, pihak agensi dari GD, YG Entertainment belum memberikan klarifikasi apapun tentang hal ini.

Ayu Ting Ting

Pedangdut Ayu Ting Ting
Pedangdut Ayu Ting Ting. Foto: Instagram

Artis fenomenal tanah air, Ayu Ting-ting juga pernah diterpa isu tak sedap karena dituduh melakukan plagiat K-Pop.

Video klipnya yang berjudul Sik Asik disebut-sebut meniru video musik girlband asal Korea, 2NE1 yang berjudul I’m The Best.

Dalam video 2NE1 terlihat warna hitam dan silver mendominasi dengan pengaturan lighting yang sangat menonjol. Bukan hanya itu, kostum Ayu pun dituding menjiplak gaya Park Bom, salah satu personel 2NE1.

Belakangan, sutradara video klip Sik Asik mengakui jika video tersebut memang terinspirasi dari salah satu girlband Korea Selatan.

Cherrybelle

Cherrybelle
Cherrybelle Foto: Solopos

Cherrybelle juga masuk daftar artis dituding plagiat K-Pop. Sejak awal kemunculannya di dunia music tanah air, girlband ini langsung mendapat predikat plagiat.

Bagaimana tidak, dari kemiripan lagu, konsep foto, hingga gaya para personelnya memang identik dengan gaya girlband Korea.

Bahkan dua member SNSD, Yuri dan Seohyun disebut kecewa dengan tindakan plagiarisme yang dilakukan oleh Cherrybelle.

Menanggapi hal ini, personel Cherrybelle mengelak jika disebut sebagai plagiat, karena mereka hanya didaulat untk bernyanyi, bukan menciptakan lagu.

Smash

Smash
Smash Foto: Istimewa

Seperti halnya girlband, membangun image boyband juga sulit. Apalagi lagi kalau bukan karena isu plagiarisme.

Smash salah satu boyband tanah air yang kerap disebut melakukan plagiat dari boyband asal Korea Selatan, Super Junior.

Mulai dari foto, music, video klip hingga komposisi tarian dikaitkan dengan dengan Super Junior.

Bahkan, nama grup Smash sebelumnya sudah ada dalam daftar boyband Korea yang debut pada 2008.

Princess

Girlband Princess
Girlband Princess Foto: Detik.com

Princess adalah girlband yang dibentuk sekaligus diproduseri oleh keyboardist band Vierra, Kevin Aprillio pada tahun 2011. Dan suatu ketika ditanya apakah Kevin menyukai musik K-Pop, putra sulung musisi Addie MS – Memes ini dengan jujur mengagumi girlband After School.

Mungkin lantaran kekaguman itulah, Kevin akhirnya merasa begitu terinspirasi. Beberapa penggemar musik K-Pop menyadari bahwa lagu Princess yang berjudul Jangan Pergi dan dirilis pada November 2011 memiliki kemiripan dengan lagu milik After School.

Tepatnya lagu itu memiliki kesamaan di beberapa nada dan irama dengan lagu sub unit girlband After School yakni After School Blue yang berjudul Wonder Boy yang dirilis pada Juli 2011 lalu.

Joker

Grup band Joker juga masuk dalam daftar artis yang dituding plagiat K-pop. Band Joker disebut-sebut miri dengan salah satu video klip K-Pop FT Island.

Salah satu video klip Joker berjudul Cinta Sebenarnya, dirilis pada April 2011. Mirip dengan irama lagu milik FT Island.

Karya FT Island yang didupa ditiru oleh Joker adalah MV berjudul Love Love Love yang sudah dirilis pada Agustus 2010 dan merupakan salah satu lagu terbaik FT Island.

5 Bidadari

5 Bidadari
5 Bidadari Foto: Istimewa

Masih ingat dengan girl band dangdut 5 Bidadari? Grup band ini populer di tahun 2011. Namun kala itu kehadirannya malah dinyinyir penggemar K-Pop di Indonesia.

Pasalnya, konsep video klip 5 Bidadari yang berjudul Aku atau Dia yang dirilis Oktober 2011 memiliki kemiripan dengan MV Nobody milik Wonder Girls yang sudah dirilis pada tahun 2008 silam. Sempat ditanyakan kepada pihak 5 Bidadari, mereka memang mengaku terinspirasi dengan Wonder Girls.

Super 9 Boys

Super 9 Boyz
Super 9 Boyz Foto: Istimewa

Boyband Indonesia, Super 9 Boyz sudah sejak jauh-jauh hari mengaku bahwa mereka termasuk ELF, alias penggemar Super Junior. Dan kekaguman itu sepertinya membuat Super 9 Boyz terinspirasi.

Baca juga: Member BTS ungkap susahnya jadi idol K-Pop, V kadang sampai stres

Salah satu video klip Super 9 Boyz yang berjudul ACDC yang dirilis pada Juli 2011 diduga memiliki kemiripan konsep dengan MV Bonamana yang rilis pada Mei 2010 milik Super Junior.

Nah, itu dia 9 artis yang dituduh plagiat K-Pop. Yang namanya berkarya sah-sah saja jika menyebut dirinya ‘terinspirasi’. Terlepas dari itu mirip atau tidak, yang namanya plagiat tentu tidak bisa dibenarkan ya. Bagaimana menurut kamu?

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close