Hot

Daftar artis yang menolak riba, Atta Halilintar: Saya nggak akan beli kalau duitnya gak ada

Daftar artis menolak riba, siapa saja?

Bagi umat muslim menghindari riba hukumnya adalah wajib. Selain merugikan, riba dalam islam juga dikategorikan sebagai dosa besar. Hal itu tertulis jelas dalam Alquran surah Ali Imran ayat ke-130, Allah SWT berfirman.

Muslima Fest

Artinya, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapatkan keberuntungan.”

Pada ayat lain, yakni surah al-Baqarah: 125, Allah memberikan perumpamaan bagi pelaku riba.

“Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu adalah disebabkan mereka berkata, sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba.”

Meski sangat di larang namun di era sekarang ini, riba bisa dibilang justru jadi keseharian. Salah satu yang termasuk riba adalah penggunaan bunga pada sistem bank.

Belum lagi pilihan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) hingga pinjaman bank yang lekat dengan kebutuhan masyarakat. Namun di tengah maraknya praktik riba, beberapa artis dan publik figur ada yang berjuang menghindari riba lho, siapa saja? Berikut ini rangkumannya.

Irwansyah

Irwansyah dan Zaskia Sungkar Foto: Instagram
Irwansyah dan Zaskia Sungkar Foto: Instagram

Baru-baru ini Irwansyah menyatakn dirinya menolak untuk riba. Hal itu diungkapkannya saat membangun rumah di kawasan Jakarta Selatan.

Suami Zaskia Sungkar ini mengakui tidak meminjam uang di bank untuk proses pembangunan rumah tersebut karena dianggap ada unsur riba.

Jalan satu-satunya, mereka menjual dua buah apartemen milik keduanya. Uangnya kemudian dibangun rumah.

“Karena kita enggak mau kredit sama sekali, kita lagi berusaha doain mudah-mudahan istiqomah. Jadi akun jual dua apartemen aku yang ada di Permata Hijau sama yang ada di Pakubuwono,” jelas Zaskia Sungkar di Chanel YouTubenya belum lama ini.

Fivey Rachmawati

Five Vi. Foto: Instagram
Five Vi. Foto: Instagram

Aktris cantik Fivey Rachmawati atau yang akrab disapa Five Vi, kini semakin mantap berhijrah. Pemeran film Hantu Binal Jembatan Semanggi (2009) ini, bahkan semakin religius setelah mendalami halal dan haram dalam Islam.

Bukan saja bercadar, hal-hal yang mengandung dosa riba juga dia tinggalkan. Misalnya perkreditan. Jauh sebelum hijrah, Five Vi terlibat dalam Kredit Pemilikan Rumah (KPR), namun setelah mendalami ilmu agama soal riba, artis 40 tahun mengaku berhenti dari kegiatan kredit tersebut.

“Aku belum tahu KPR (Kredit Pemilikan Rumah) itu riba. Jadi saya ada cicilan juga tapi bismillah karena saya sudah tahu itu semua ya bismillah (berusaha berhenti),” kata Five Vi baru-baru ini.

Atta Halilintar

Atta Halilintar. Foto: Instagram
Atta Halilintar. Foto: Instagram

Youtuber nomor 1 se-Asia Tenggara Atta Halilintar juga menjadi salah satu artis yang menghindari riba. Hal itu terlihat ketika seseorang bernama Shavaz mewakili seorang wanita bernama Umi Afif menagih utang sang ibu Lenggogeni Faruk.

Namun suami dari Aurel Hermansyah ini tak ambil pusing dengan pernyataan Shavas, karena iya meyakini orangtuanya tidak akan berutang.

Mengenai utang yang dimaksud, Atta mengaku tidak pernah diajarkan orangtuanya untuk berutang.

“Wah saya sih enggak tahu. Kalau saya sih diajarin dari kecil untuk jangan berutang,” ujar Atta dilansir laman Suara.

“Jadi setahu aku, mama enggak punya utang karena aku sendiri sudah bikin statement karena aku tidak akan beli sesuatu jika duitnya tidak ada,” katanya.

Rizky Billar

Lesti Kejora & Rizky Billar. Foto: Instagram
Lesti Kejora & Rizky Billar. Foto: Instagram

Suami pedangdut Lesti Kejora yaitu Rizky Billar juga jadi salah satu artis yang menolak Riba. Ia sempat dikabarkan memiliki banyak utang, namun Billar membantah dengan tegas kabar tersebut. Hal itu disampaikan Rizky Billar di akun YouTube Intens Investigasi belum lama ini.

“Oh saya nggak suka ngutang anaknya,” kata Rizky Billar.

Dia menegaskan tidak punya utang maupun tunggakan lainnya. Rizky Billar memang berkomitmen untuk menghindari riba.

“Insya Allah saya nggak pernah ngutang, nggak pernah kredit, nggak pernah riba,” sambungnya.

Pemain Jodoh Wasiat Bapak 2 ini berharap bisa terus istiqomah menghindari utang piutang.

“Insya Allah setelah lepas dari riba rezeki akan bagus dan akan istiqomah dalam hal itu,” terang Rizky Billar.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close