Fit

Artis transgender Dinda Syarif ngaku demiseksual, ternyata ini maksudnya

Dinda Syarif satu dari sedikit public figure yang tidak pernah menutupi identitasnya sebagai transpuan. Model cantik ini blak-blakan tentang kehidupannya sebagai seorang transgender.

Peraih gelar Miss International Queen Indonesia 2018 tersebut mengaku dirinya sebagai demiseksual. Apa sih itu?

Muslima Fest

Dinda Syarief ngaku demiseksual

Saat ngobrol bareng Deddy Corbuzier, Dinda mengaku masih mempertahankan organ intim pria meski hal itu membuatnya kurang merasa nyaman. Pasalnya sejak kecil, dia merasa sebagai seorang perempuan. Makin dewasa, dia sudah bisa menerima dirinya. “Akhirnya gue memutuskan untuk sudahlah, enjoy aja,” katanya dalam kanal Youtube Deddy Corbuzier, diunggah Minggu, 24 Oktober 2021.

Dia juga mengakui masih bisa menikmati aktivitas seksual meski tidak melakukan operasi pergantian kelamin. Kini, dia memilih menjadi demiseksual. “Tapi sekarang gue demiseksual sih,” lanjutnya. Deddy yang awam, mempertanyakan maksud hal itu. “Kayak gue tertarik secara emosional dengan hati gue yang paling dalem. Gue pengen having sex dengan orang yang gue pengen aja.”

Jadi meski Dinda Syarif tertarik dengan seorang pria, dia enggan sembarangan. “Jadi apa ya, gue lihat cowok tipe gue nih cakep. Dia pengen having sex with me tapi gue enggak mau karena gue pengen yang gue mau aja. Pakai feeling,” bebernya.

Foto: Instagram

Seputar demiseksual dan cirinya

Ada berbagai orientasi seksual dan preferensi seksual, salah satunya demiseksual. Menurut Psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi, demiseksual seperti preferensi seseorang dalam melihat daya tarik pasangan. “Demiseksual itu tidak melihat aspek lain selain kedekatan emosional sebagai penentu memilih pasangan,” katanya, dikutip dari Klikdokter.com.

Seorang demiseksual akan merasa tertarik secara seksual kepada orang yang telah dekat dengannya secara emosional. Demiseksual dapat dialami oleh hampir seluruh orientasi seksual seperti homoseksual, heteroseksual, biseksual, dll.

Secara umum, demiseksual memiliki ciri-ciri:

  • Sering tertarik secara seksual dengan orang terdekat, misal teman, sahabat atau pasangan romantis
  • Ketertarikan seksual dipengaruhi oleh hubungan emosional yang sudah tercipta
  • Wajah rupawan atau kepribadian menyenangkan orang yang tidak dikenal baik tidak bisa membuat ketertarikan seksual

Demiseksual sendiri bukan merupakan kelainan seksual, hal ini dijelaskan oleh Ikhsan, “Alasannya, mereka hanya sebuah orientasi seksual seseorang.”

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close