Fit

Asal muasal Cloud Bread yang lagi viral di TikTok: Ternyata roti untuk diet

Aplikasi TikTok kembali populerkan resep masak praktis yaitu Cloud bread (roti awan) bagaimana asal muasal Cloud bread. Yup, setelah beberapa waktu lalu Korean garlic bread viral di TikTok, kini warganet ramai-ramai membuat Cloud Bread dan diposting di TikTok.

Punya tekstur lembut dan mengembang seperti awan, roti ini punya rasa simple dan belakangan jadi tren di kalangan Tiktokers Indonesia. Tapi bagaimana asal muasal Cloud bread?.

Baca juga: 4 Resep masak yang viral di TikTok, cobain deh: Gampang, praktis, murah

Bukan cuma bentuknya yang unik, roti ini juga dibuat dari bahan-bahan sederhana dan minim. Tapi sebetulnya dari mana sih asal muasal roti ‘unyu’ ini?

Dilansir laman The Kichn, Cloud bread ternyata bukanlah barang baru di dunia kuliner. Roti ini sudah banyak dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang berdiet.

Cloud Bread versi konvesional
Cloud Bread versi konvesional Photo: maxresdefault

Yup, Cloud Bread sejak lama jadi alternatif bagi para pelaku diet keto untuk dijadikan pengganti roti. Diet keto juga beberapa tahun silam cukup populer dilakukan, diet ini adalah salah satu jenis diet rendah karbohidrat dan tinggi protein, karena itu Cloud Bread sangat cocok dikonsumi.

Di sisi lain, Cloud bread telah ada sejak tahun 70-an. Ketika itu, cloud bread diperkenalkan lewat metode Diet Atkins.

Laman WebMD menulis bahwa diet Atkins adalah diet rendah karbohidrat yang dicetuskan oleh Robert Atkins. Diet ini biasanya direkomendasikan untuk orang yang ingin menurunkan beat badan.

Diet ini mengklaim kalau kamu bisa turunkan berat badan walaupun mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan lemak sebanyak yang kamu mau selama kamu menghindari makanan yang tinggi karbohidrat.

Nah, Cloud bread ini punya tekstur ringan dan empuk, lebih mirip telur dadar yang tebal daripada sepotong roti. Aslinya, Cloud bread dibuat dari telur, cream cheese, baking powder, dan aneka perasa tambahan. Namun di Indonesia banyak yang berkreasi dengan hanya menggunakan 3 bahan saja.

Banyak yang mengatakan juga jika roti ini mirip dengan Meringue, yaitu kukis dengan bahan dasar yang sama. Hanya saja tekstur roti lebih lembut karena ada tambahan tepung di dalamnya.

Cloud bread bisa digunakan untuk aneka resep yang membutuhkan roti sebagai pengganti roti. Pasalnya, cloud bread tidak akan mengubah nutrisi yang kamu serap jika kamu sedang mengawasi asupan karbohidrat dan menghindari gluten.

Karena rasanya yang ringan, kamu juga bisa memberikan aneka tambahan rasa pada cloud bread sesuai selera. Tak itu saja, roti ini juga bisa dijadikan roti untuk sandwich lho.

Cloud bread bisa jadi bagian dari diet apa pun lho. Baik diet rendah karbohidrat atau pun tanpa karbohidrat. Juga diet yang membutuhkan protein tinggi atau lemak tinggi. Itu termasuk keto, vegetarian, gluten-free, celiac, dan diet Atkins.

Buat kamu yang mengikuti diet bebas produk susu seperti Paleo atau Whole30 bisa mengganti cream cheese dengan krim kelapa yang padat dan dingin. Penasaran gimana cara bikinnya? Nah, resepnya bisa kamu klik di sini.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close