Sains

Astronaut potret wujud bumi bulat, warganet tak percaya: Itu Photoshop

Angkasawan atau astronaut berkebangsaan Amerika Serikat, Douglas Gerald Hurley, baru-baru ini memotret penampakan bumi dari International Space Station atau ISS dan membagikannya ke media sosial. Ia memerlihatkan lengkungan horizon yang membuktikan bumi berbentuk bulat.

Dikutip dari akun Twitter pribadinya, pria yang kerap disapa Astro Doug itu mengaku, setiap kali berada di ISS, hal pertama yang ia lakukan adalah memotret bumi. Sebab, tak semua orang berkesempatan pergi ke luar angkasa. Sehingga, ia merasa perlu membagikannya.

Baca juga: Begini pandangan Islam tentang bentuk bumi, bulat atau datar?

“Saya tak pernah bosan melihat pemandangan bumi dari Cupola saat orbit kita beralih ke malam,” tulisnya, dikutip Senin 27 Juli 2020.

Penampkan bumi bulat. Foto: Twitter @Astro_Doug

Diketahui, ISS sendiri mengorbit bumi pada ketinggian sekira 402 kilometer dan melakukan perjalanan 16 kali mengelilingi bumi setiap hari. Sejauh ini, penampakan bumi bulat yang banyak beredar di internet ataupun media sosial rata-rata diambil dari lokasi tersebut.

Menariknya, unggahan Astro Doug itu menuai banyak kritikan dari kaum bumi datar. Mereka beranggapan, apa yang dimuat angkasawan 53 tahun itu sejatinya penuh kepalsuan. Atau secara sederhana: foto-foto bumi bulat yang ia bagikan merupakan hasil rekayasa dari perangkat aplikasi.

Salah satu akun yang terang-terangnya menyebut gambar tersebut hasil rekayasa kamera adalah @finbarnes. Ia berpendapat, NASA telah menipu banyak orang terkait bentuk bumi yang sebenarnya datar, bukan bulat.

“Apakah NASA membuat photoshop dari lengkungan bumi sebelum Anda kirim, atau apakah mereka (editor) melakukannya saat pascaproduksi? Kita semua mengetahui kalau bentuk bumi yang benar itu datar,” tulisnya merespon cuitan Astro Daug.

Ilustrasi Bumi Datar. Foto: Livescience

Tak lama setelahnya, banyak yang menanggapi respon @finbarnes tersebut. Mereka ramai-ramai menyebut, dia kurang pemahaman terkait sains dan ilmu pengetahuan. Maka sebelum berkomentar, ada baiknya memperbanyak bacaan.

Dalam laman resminya, NASA sudah berulang kali memastikan bahwa bentuk bumi itu bulat. Pada artikel berjudul ‘Bagaimana Kita Tahu Bumi itu Bulat?’, badan antariksa tersebut menerangkan, ilmuwan menggunakan geodesi untuk mengukur bentuk, gravitasi, serta rotasi bumi.

Geodesi memberikan pengukuran akurat yang menunjukkan bentuk bumi itu bulat. Kemudian disempurnakan dengan perangkat satelit untuk mengukur bumi hingga satuan terkecil. Selain itu, sebenarnya kita bisa mengetahui bentuk bumi dengan melihat bayangan bundar saat terjadi gerhana bulan.

Pengakuan angkasawan Arab

Akhir tahun lalu, angkasawan asal Uni Emirate Arab atau UEA, Hazza Al Mansouri mendarat selamat di bumi setelah menjalani delapan hari yang menegangkan di ISS. Setelah pendaratan itu, ia pun membawa pengalaman unik untuk diceritakan kepada publik.

Hazza Al Mansouri. Foto: BBC

Saat itu, dikutip dari BBC, salah seorang jurnalis bertanya kepada Hazza mengenai bentuk bumi. Dia dengan mantap menjawab, bentuknya bulat. Sebab, ada pola lengkung di bagian horizon.

“Kalau kalian bertanya bentuk bumi, saya pastikan bumi itu bulat, bukan datar. Saya telah melihatnya dengan mata kepala saya sendiri. Jadi kini, saya bisa memberitahu kalian tentang semuanya,” kata Hazza kala itu. (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close