Fit

Avigan jadi obat yang efektif untuk terapi covid-19, ini alasannya

Avigan adalah salah satu yang obat yang digunakan untuk terapi mengobati COVID-19 itu adalah obat Fapiravir atau yang dikenal dengan merek tersebut.

Di awal tahun 2021 Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga saat ini diketahui sudah memberikan izin darurat penggunaan obat Avigan untuk terapi pasien COVID-19.

Alasannya karena obat anti-flu dari Jepang ini dikabarkan efektif melawan SARS-CoV-2. Keunggulaan itu juga diakui para pejabat di China.

Dilansir laman Healthline, sejak itu, hasil salah satu dari dua uji klinis yang dikutip oleh pejabat China telah tersedia. Namun para ahli harus menafsirkan hasil penelitian ini dengan hati-hati.

Avigan foto: Istimewa
Avigan foto: Istimewa

Akibat pandemi COVID-19, kebutuhan akan agen antivirus yang efektif yang mampu memerangi virus corona sangat mendesak.

Dalam konteks ini, pendekatan yang efisien untuk penemuan obat tampaknya adalah dengan menguji obat antivirus yang ada dan melihat apakah obat tersebut cocok untuk digunakan kembali atau tidak.

Menurut uji coba yang dilakukan di Rumah Sakit The Third People di Shenzhen, telah ditemui fakta bahwa mereka yang memakai favipiravir mampu mematikan virus dalam rata-rata 4 hari.

Kelompok peserta yang diberi perawatan favipiravir juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam pencitraan dada dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan tingkat peningkatan 91,43 persen berbanding 62,22 persen.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close