Hobi

Awas ada aplikasi Squid Game mengandung malware, bisa sedot pulsa

Serial bertahan hidup asal Korea Selatan, Squid Game hangat menjadi perbincangan dua bulan belakangan. Sejumlah lini kehidupan terpengaruh oleh serial tersebut. Bahkan, sejumlah developer aplikasi mengembangkan aplikasi berbau Squid Game. 

Kendati demikian, rupanya penjahat di dunia maya ada yang memanfaatkan momen tersebut. Dilaporkan terdapat aplikasi wallpaper ponsel bernuansa Squid Game yang mengandung malware berbahaya di Google Play Store.

Aplikasi mengandung malware tersebut dilaporkan oleh peneliti keamanan Android di Twitter dengan akun @ReBensk.

Menurut sebuah laporan di Forbes, aplikasi berbahaya Squid Game Wallpaper 4K HD, telah diunduh setidaknya 5.000 kali sebelum ditemukan oleh Google dan akhirnya diblokir di Play Store. 

Aplikasi wallpaper itu mengklaim dibuat untuk para penggemar serial TV Squid Game. Tweet @ReBensk memperingatkan pengguna agar tidak mengunduh aplikasi yang terkait dengan serial Squid Game. Selain Squid Game Wallpaper 4K HD, @ReBensk juga mengatakan bahwa ada beberapa apIikasi Android lain yang berbahaya yang terkait dengan Squid Game.

Squid Game. Foto: Netflix
Squid Game. Foto: Netflix

Temuan akun @ReBensk itu kemudian dianalisis oleh peneliti keamanan Android ESET, Lukas Stefanko. Dia menyebut apIikasi itu sebagai Android Joker bertema Squid Game.

Melansir Times of India, Jumat 22 Oktober 2021, Joker sendiri adalah salah satu malware Android yang paling kuat, yang ditemukan pada tahun 2017. Pada tahun 2020, Google membagikan sebuah postingan melalui blognya tentang perjuangan panjang mereka melawan malware Joker.

Jika ada pengguna yang mengunduh dan menjalankan aplikasi tersebut di perangkat mereka, maka itu bisa mengakibatkan penipuan iklan berbahaya, atau membuat pengguna berpotensi jadi korban berlangganan ke layanan SMS premium tanpa sepengetahuan mereka, sehingga pulsa menjadi tersedot.

Booming-nya serial Squid Game, membuat banyak pengembang mengembangkan apIikasi terkait serial tersebut. Menurut Stefanko, ada lebih dari 200 apIikasi terkait Squid Game yang tersedia di Google Play Store saat ini.

“Sepertinya peluang besar untuk menghasilkan uang dari iklan dalam aplikasi dari salah satu acara TV paling populer yang tidak memiliki game resmi. Yang paling banyak diunduh mencapai 1 juta pemasangan dalam 10 hari. Gameplay-nya tidak ditangani dengan baik,” dia kata dalam sebuah tweet.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close