Hot

Ayah Indah tak jadi wali di pernikahannya dengan Arie Kriting, KUA: Tetap sah

Pernikahan aktris Indah Permatasari dengan komika Arie Kriting tidak dihadiri oleh ibu dan ayah dari Indah. Bahkan, ayahanda Indah, Nasrudin tidak menjadi wali di pernikahan putrinya tersebut.

Hal ini lantas menyisakan sebuah pertanyaan, apakah pernikahan Indah Permatasari dengan Arie Kriting itu tetap sah? Menjawab rasa penasaran sejumlah orang dan awak media, pihak KUA Sawangan, Depok akhirnya angkat bicara.

Ketua KUA Sawangan, Drs. H. M. Barkah, MM menjelaskan kepada wartawan bahwa pernikahan Indah dan Arie itu tetap sah baik di mata hukum maupun agama.

Hal ini lantaran ayah Indah, Nasrudin telah mengirimkan surat yang menyatakan tidak bisa hadir menjadi wali pernikahan putrinya sebab ia dilarang oleh sang istri, Nursyah.

Arie Kriting dan Indah Permatasari. Foto: Instagram @indahpermatas

Mulanya, Barkah menuturkan, ayah Indah Permatasari, Barkah sempat mendatangi KUA Sawangan untuk menyampaikan bahwa dia tidak bisa menjadi wali di pernikahan putrinya.

“Telah datang seorang lelaki bernama bapak Nasrudin, S. Kom, ayah kandung daripada Indah Permatasari. Datang kemari beliau menyampaikan bahwa beliau wali daripada Indah,” kata Barkah disitat YouTube beepdo, Rabu 13 Januari 2021.

“Dia (Nasrudin) meminta bahwa dia tidak bisa menjadi wali, sehubungan dengan tidak diperkenankan oleh ibunya (Istrinya),” sambungnya.

Lebih lanjut Barkah menjelaskan bahwa pihak KUA Sawangan akhirnya mengirim surat kepada KUA Setiabudi, tempat Arie dan Indah melangsungkan ijab kabul. Ia juga menyebut bahwa yang akhirnya menjadi wali dari Indah adalah pihak KUA Setiabudi.

Arie Kriting dan Indah Permatasari. Foto: Instagram @imagenic

“Jadi setelah dia datang ke kelurahan mendapat surat (pengantar), kemudian di bawa kesini (KUA Sawangan), maka dibuatkanlah sesuai aturan, yaitu keterangan yang diminta oleh KUA Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan,” kata Barkah.

“Adapun yang menjadi wali pernikahan kemarin, yaitu penghulu atau kepala KUA Kecamatan Setiabudi. Kami (KUA Sawangan) hanya berkapasitas mengetahui bahwa Pak Nasrudin itu bertaukil wali kepada KUA Kecamatan Setiabudi itu,” imbuhnya.

Barkah kemudian menegaskan bahwa pernikahan Indah Permatasari dengan Arie Kriting tetap sah di mata hukum dan agama. Hal ini lantaran ayahanda Indah, Nasrudin sendiri yang telah meminta dan dibuatkan surat ikrar taukil wali karena ia tidak diperkenankan menjadi wali nikah anaknya oleh sang istri.

“Bahwa ayahnya Indah tidak boleh datang oleh ibunya, entah ancaman, entah ada persoalan apa kita tidak tahu. Yang jelas kalau ayah tidak boleh hadir di sana (jadi wali), siapa yang akan melaksanakan, kalau tidak taukil wali seperti ini. Jadi artinya tetap sah pernikahan tersebut,” tutup Barkah.

Taukil wali sendiri diketahui merupakan sebuah syarat bagi wali yang berhalangan hadir dan ini telah diatur oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2019.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close