Trending

Baca Surat At Tahrim 6, Pangdam Jaya ke Habib Rizieq: Jangan asal bicara sembarangan!

Pangdam Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman melontarkan bubarkan Front Pembela Islam (FPI) dan mengingatkan Habib Rizieq Syihab untuk tidak asal bicara. Pangdam Jaya menyoroti hujatan-hujatan yang disampaikan tokoh sentral FPI yang menyindir TNI dan Polri. Mengucapkan sebuah ayat Alquran, Pangdam Jaya mengingatkan Habib Rizieq agar tak ngomong sembarangan.

Pangdam Jaya juga mengungkapkan dia yang memerintahkan prajurit TNI untuk mencopoti baliho raksasa Habib Rizieq di berbagai pinggir jalan di DKI Jakarta dan sekitarnya. Pernyataan Pangdam Jaya ini menjadi kontroversi dikomentari berbagai kalangan termasuk politikus.

Baca juga: Deretan kisah mistis di rumah Soeharto, angker bikin merinding

Pangdam Jaya ingatkan Habib Rizieq Jangan asal bicara

Habib Rizieq Syihab menyapa di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
Habib Rizieq Syihab menyapa massa pendukung di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Foto Front TV via Instagram @habibrizieq_id

Pangdam Jaya menyampaikan peringatannya pada FPI dan Habib Rizieq di sela acara apel bersama Pilkada Serentak 2020 dan antisipasi banjir di Jakarta.

Setelah menyampaikan inti acara tersebut, wartawan bertanya soal aktivitas Habib Rizieq.

Ditanya demikian, Mayjen Dudung langsung menyoroti hujatan yang keluar dari mulut tokoh sentral FPI tersebut.

“Kalau katanya sebagai imam besar, kalau dibilang sebagai kiai atau sebagai habib, karena habib atau kiai itu selalu hatinya baik, jadi kalau ucapan tidak baik, itu bukan habib namanya itu, saya ini orang Islam juga, seorang muslim,” ujarnya dikutip Jumat 20 November 2020.

Dia mengingatkan Habib Rizieq bahwa Islam adalah agama yang membawa rahmat bagi semua seluru alam.

Selanjutnya Pangdam Jaya mengingatkan Habib Rizieq agar mulutnya dijaga jangan sembarangan menghujat institusi atau orang.

“Jangan asal bicara sembarangan, jaga dari siksa api neraka. Allah sudah berfirman. Yaa ayyuhaal-ladziina aamanuu quu anfusakum wa ahliikum naaran…Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka,” ucap jenderal bintang dua tersebut.

Mengutip ayat tersebut, Pangdam Jaya mengajak agar tokoh pimpinan FPI itu untuk menjaga lisan.

“Ucapan dan tindakan itu harus baik, harus baik, saya sebagai orang Islam prihatin kalau ada seorang habib di peringatan Maulid Nabi bahasa dan ucapannya kotor, saya prihatin dan tidak terima sebagai orang muslim,” ujarnya.

Tafsir At Tahrim ayat 6

Nah bacaaan lengkap ayat 6 surat tersebut yaitu

Surat At Tahrim ayat 6
Surat At Tahrim ayat 6. Foto Instagram @amararealaccount

Yaa ayyuhaal-ladziina aamanuu quu anfusakum wa ahliikum naaran waquuduhaannaasu wal hijaaratu ‘alaihaa malaa-ikatun ghilaazhun syidaadun laa ya’shuunallaha maa amarahum wayaf’aluuna maa yu’maruun(a)

Artinya yaitu “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Dalam ayat ini, Allah mengingatkan hambanya orang beriman untuk menjaga dirinya dari api neraka dengan patuh dan taat melaksanakan perintah Allah. Orang beriman diperintahkan untuk mengajarkan kepada keluarga mereka taat patuh serta pada perintah Allah.

Di antara cara menyelamatkan diri dari api neraka yaitu salat dan bersabar.

Dikutip dari tafsir Alquran Kementerian Agama, sebuah riwayat menerangkan saat ayat 6, Umar bin Khattab bertanya kepada Rasulullah SAW.

“Wahai Rasulullah kami sudah menjaga diri kami dan bagaimana menjaga keluarga kami? Rasulullah SAW menjawab, “Larang mereka mengerjakan apa yang kamu dilarang mengerjakannya dan perintahkan mereka melakukan apa yang diperintahkan Allah kepadamu,”.

Rasulullah melanjutkan, “Begitulah caranya menyelamatkan mereka dari api neraka. Neraka itu dijaga oleh malaikat yang kasar dan keras yang pemimpinnya berjumlah 19 malaikat. Mereka diberi kewenangan mengadakan penyiksaan di dalam neraka. Mereka adalah para malaikat yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan-Nya,”

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close