Unik

Bagaimana ciri bagian simpulan teks deskripsi? Simak penjelasannya di sini

Bagaimana ciri bagian simpulan teks deskripsi? Nah, pertanyaan yang berkaitan dengan mata pelajaran bahasa Indonesia ini masih sering terlintas di pikiran. Sering menemukan bahkan mengerjakan langsung dari sebuah teks deskripsi namun, masih banyak yang bingung bagaimana ciri bagian simpulan dari teks tersebut.

Sebagaimana diketahui, teks deskripsi merupakan sebuah tulisan yang menggambarkan suatu objek, tempat atau peristiwa yang dijelaskan secara rinci berdasarkan hasil pengamatan, perasaan, hingga pengalaman sang penulis.

Muslima Fest

Melansir Sumber Belajar Kemdikbud, terdapat tiga ciri-ciri kalimat deskripsi. Pertama, teks deskripsi mempunyai ciri yang menggambarkan atau melukiskan sesuatu. Kedua, penggambaran tersebut dilakukan sejelas mungkin dengan melibatkan kesan indra. Terakhir, pembaca atau pendengar merasakan objek yang dijelaskan dalam teks deskripsi tersebut.

Tiga ciri-ciri tersebut menandakan bahwa teks deskripsi harus mudah dipahami oleh pembaca. Agar tujuan tersebut tercapai, perlu diperhatikan struktur teks deskripsi yang menjadi acuan. Struktur deskripsi terdiri dari tiga yaitu identifikasi, deskripsi bagian, dan simpulan atau kesimpulan.

Nah, lantas apa ciri-ciri bagian simpulan teks deskripsi? Berikut Hops rangkum penjelasannya di bawah ini. Yuk, dicatat!

Ilustrasi menulis. Foto: Pixabay
Ilustrasi menulis. Foto: Pixabay

Bagaimana ciri bagian simpulan teks deskripsi?

Simpulan merupakan struktur ketiga alias terakhir dalam teks deskripsi. Bagian simpulan disebut juga bagian penutup yang berisi kesimpulan dan kesan dari penulis tentang hal yang sudah dideskripsikan sebelumnya di struktur deskripsi bagian.

Perlu dicatat, bahwa bagian simpulan bersifat pilihan. Penulis dapat memilih untuk menyertakan atau tidak. Lalu, ciri-ciri bagian simpulan teks deskripsi sebagai berikut yang dilansir Hops dari Kumparan.

  1. Terdapat di bagian akhir teks
  2. Bahasa yang digunakan singkat, padat, dan mudah dipahami
  3. Bagian penting dari objek atau peristiwa yang telah dideskripsikan akan diulang kembali di bagian ini
  4. Berisi rangkuman atas peristiwa atau objek yang dideskripsikan
  5. Tak hanya rangkuman, kesimpulan dapat berisi kesan atau pandangan penulis terhadap objek atau peristiwa yang telah diceritakan
Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close