Fit

Bahaya ‘racun’ kayu manis, picu gula darah rendah hingga kerusakan hati

Kayu manis adalah salah satu rempah yang terkenal wangi dan kerap dijadikan bahan baku masakan. Selain bunya aroma yang enak, kayumanis juga salah satu jenis rempah yang diyakini memiliki banyak khasiat.

Berbeda dari namanya, kayu manis ini tidak memiliki rasa yang manis melainkan hanya aroma yang menggugah selera. Kayu manis didapatkan dari kulit pohon bagian dalam. Rempah dengan nama lain Cinnamomun ini ternyata sudah digunakan sejak zaman mesir kuno.

Meski disebut punya banyak khasiat, namun kayu manis punya dampak racun bagi tubuh lho, apalagi jika digunakan dalam jumlah berlebihan ternyata bisa memicu kerusakan hati.

Dilansir healthline, berikut ini risiko berbahaya konsumsi kayu manis berlebihan bagi kesehatan tubuh.

Gula darah rendah

Konsumsi kayu manis berlebih juga mampu menurunkan kadar gula darah menjadi sangat rendah. Mengonsumsi kayu manis memang membantu menurunkan gula darah.

Namun, jika mengonsumsi kayu manis terlalu banyak bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi terlalu rendah atau hipoglikemi. Kondisi ini dapat menyebabkan keluhan badan lemas, sangat kelelahan, pusing hingga kehilangan kesadaran. Orang yang berisiko mengalami gula darah sangat rendah adalah yang mengonsumsi obat-obatan untuk diabetes.

Hal ini dikarenakan kayu manis dapat meningkatkan efek obat-obatan tersebut dan menyebabkan gula darah turun menjadi sangat rendah.

Kayu Manis
Kayu Manis Foto: Pixabay

Memicu luka pada mulut

Kayu manis bisa menyebabkan luka pada mulut. Selain itu, kayu manis juga bisa memicu alergi lain karena senyawanya yaitu meliputi pembengkakan lidah atau gusi.

Senyawa kayu manis juga bisa memberikan sensasi terbakar atau gatal, dan bercak putih di mulut. Kondisi alergi ini sebenarnya hanya terjadi pada seseorang yang mengalami alergi terhadap senyawanya saja. Selain itu, berlebihan dalam mengonsumsi kayu manis baik dalam bentuk perasa juga dapat menimbulkan luka mulut.

Terhirup picu masalah pernapasan

Tekstur yang halus dari kayu manis sebagai rempah menyebabkan kayu manis mudah terhirup. Menghirupnya tanpa sengaja tentu akan menyebabkan masalah pada pernapasan. Beberapa masalah yang muncul biasanya batuk, tersedak, dan kesulitan untuk mengatur napas.

Apalagi senyawa cinnamaldehyde yang ada di dalam rempah ini juga bersifat iritan bagi tenggorokan sehingga bisa menyebabkan masalah pernapasan yang lebih serius.

Bagi penderita asma, harus lebih berhati-hati terhadap bahaya ini, karena mereka lebih mungkin mengalami kesulitan bernapas jika tidak sengaja menghirup kayu manis.

Kerusakan hati

Bahaya konsumsi kayu manis adalah kerusakan hati. Terlalu banyak kayu manis bisa menyebabkan toksisitas atau kerusakan hati. Hal ini karena kayu manis mengandung senyawa kumarin, yaitu suatu zat yang bersifat racun bagi hati bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan seperti parasetamol dan statin ditambah dengan mengonsumsi rempah ini terlalu banyak, maka akan meningkatkan risiko kerusakan hati.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close