Hobi

Balada trend SUV, pengamat sebut nasib MPV Avanza Cs bakal begini

Trend peluncuran mobil SUV di tanah air cukup gencar dilakukan produsen otomotif nasional. Kondisi tersebut dinilai pengamat otomotif, Bebin Djuana akan berdampak pada pergeseran model sebelumnya MPV menjadi trend SUV yang banyak ditawarkan produsen.

Kondisi tersebut, tak bisa lepas dari trend mobil sport utility vehicle (SUV) di pasar global yang sudah terjadi 10 tahun kebelakang, dimana model SUV menjadi pasar terbesar di banyak negara. Kebutuhan konsumen yang membutuhkan kendaraan fungsionalitas yang dimiliki menjadi salah satu perhitungan kuat trend SUV terus tinggi hingga saat ini.  

Muslima Fest

“Trend SUV di pasar global jika kita lihat sudah terjadi 10 tahun ke belakang, dan wajar jika saat ini produsen otomotif di Indonesia mulai gencar meluncurkan banyak mobil SUV untuk konsumennya,” ungkap Bebin kepada Hops.id Senin 4 Oktober 2021.

Suzuki XL7
Suzuki XL7 produk terbaru SUV Foto: Suzuki

Salah satu indikator menguatnya trend mobil SUV dijelaskan Bebin, produsen banyak menawarkan model SUV untuk menyesuaikan karakter jalan di Indonesia yang paling ideal menggunakan mobil SUV dibanding mobil keluarga atau multi purpose vehicle (MPV).

Pasar mobil MPV bakal menyusut oleh trend SUV

Dengan kondisi tersebut, trend mobil MPV yang sangat kuat di Indonesia diprediksi lambat laun akan menyusut pasarnya. Konsumen akan banyak memilih model SUV dibanding kendaraan keluarga.

“Bicara kebutuhan kedepan orang akan banyak menggunakan mobil SUV, karena fungsionalitasnya jauh lebih tangguh dibanding MPV. Dilihat dari kondisi jalan seperti tol Jawa yang sangat ideal digunakan dengan model SUV,” katanya.

Kondisi itulah yang membuat jajaran model-model MPV akan terus berkurang dan minatnya akan teralih dengan model lain yakni SUV. Sesuai dengan kondisi pasar global yang terjadi hingga saat ini.

Toyota Avanza
Toyota Avanza Foto: Suara

“Tak bisa dipungkiri pasar otomotif Indonesia akan mengikuti trend seperti pasar global dimana model SUV akan lebih laris dibanding model lain,” tegasnya.

Secara tersirat, prediksi tersebut akan berdampak pada model MPV seperti Avanza Cs yang akan terus menyusut penjualannya.   

SUV di pasar global

Di pasar global China dan AS merupakan negara dengan pangsa pasar model SUV terbesar di dunia. Dimana kedua negara ini berdasarkan laporan sebanyak 17-18 juta unit mobil SUV terjual setiap tahunnya.

Untuk negara China sendiri dikutip dari Mobility Foresight terdapat 523 model SUV yang dijual dari kurang lebih 50 produsen mobil lokalnya. seperti Haval H6, Baojun 560, Trumpchi GS4 sangat populer di Cina.

Di pasar Eropa sendiri SUV juga menyumbang penjualan sebesar 5,4 juta unit pada tahun 2018 atau 36 persen dari total penjualan mobil penumpang. Penyesuaian model di Eropa SUV kecil menjadi mobil dengan penjualan yang cukup cepat kenaikannya menyumbang hampir 39% dari penjualan SUV di Eropa.

Mitsubishi Xpander Cross
Mitsubishi Xpander Cross Foto: Hops/mfd

Sedangkan produsen mobil asal Jepang yakni Toyota, Nissan dan Honda secara kumulatif menyumbang 21% dari total SUV yang terjual secara global pada tahun 2018.

Di segmen premium, BMW adalah pemimpin pasar dengan 0,8 juta SUV terjual secara global pada tahun 2018 atau ~40% dari total penjualan mobil. Dengan trend tersebut tentu pasar otomotif global akan terus berkembang tak terkecuali di Indonesia.  

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close