Sport

Balapan MotoGP belum mulai, Vinales dinobatkan juara di Jerez, kok bisa?

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dinobatkan sebagai juara di sirkuit Jerez meski balapan MotoGP 2020 belum dimulai karena pandemi Covid-19.

Vinales sendiri tidak menyangka akan menjadi juara di Jerez tahun ini, karena dirinya mengungkap tidak terlalu baik dalam balapan tersebut. Hanya berada di urutan ketiga, Vinales tertinggal oleh Alex Marquez dan Francesco Bagnaia.

Namun keberuntungan rupanya tengah dekat dengan pembalap Yamaha tersebut, saat Alex Marquez dan Bagnaia mengalami kecelakaan dan jatuh di depannya. Dengan demikian otomatis posisi pertama ditempati Vinales yang akhirnya merebut gelar juara di Jerez.

Pembalap MotoGP Yamaha Maverick Vinales foto: MotoGP

Sebelumnya Vinales mengalami dua kali kecelakaan, dan membuatnya berada di posisi ketiga akibat kecelakaan yang dialaminya tersebut saat balapan berlangsung. Tak disangka kecelakaan dua pembalap di depannyalah yang mengantarkan Vinales menjadi juara di Jerez.

Kemenangan yang diraihnya di sirkuit Jerez, merupakan pertama kalinya dalam balapan virtual MotoGP yang dilakukan banyak pembalap MotoGP di tengah terhentinya balapan resmi MotoGP akibat pandemi covid-19.

Pada balapan sebelumnya, Vinales bahkan hanya menempati posisi ketiga dan kedua. Ia mengaku cukup senang dengan raihan posisinya tersebut meski tidak menjadi juara sebagai yang terdepan diantara pembalap MotoGP.

Kemenangan Vinales di sirkuit Jerez ini akan di donasikan untuk membantu pasien corona di Afrika. Begitu pula dengan beberapa pembalap MotoGP lainnya yang telah memenangkan balapan di beberapa sirkuit yang biasa menyelenggarakan balapan MotoGP.

Pembalap monster energy Yamaha Maverick Vinales Foto: MotoGP

Balapan virtual memang didedikasikan sebagai donasi untuk membantu para korban corona yang membutuhkan bantuan, khususnya negara yang kurang mampu. Alasan inilah yang membuat Vinales sangat senang dengan kemenangannya di Jerez.

 “balapan ini sangat menarik karena saya memiliki banyak duel. Saya juga harus mengalami dua tabrakan, jadi saya tidak berharap untuk memenangkan balapan. Tetapi, saya tetap mengikuti ritme saya dan melakukan putaran cepat satu demi satu,” ungkap Vinales, seperti dilansir Speedweek, Senin 4 Mei 2020.

Baca juga: Balapan banyak ditunda, ini bidikan Maverick Vinales di MotoGP 2020

Dengan kemenangan ini dirinya berharap bisa berkontribusi dengan sesama melalui program kemanusiaan Two Wheels for Life yang menangani Covid-19 di Afrika.

Vinales targetkan juara dunia 2020

Pembalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales membidik gelar juara dunia di sepanjang sisa balapan MotoGP 2020 yang belum berlangsung sama sekali. Dengan sisa seri balapan yang akan dilaksanakan Dorna Vinales akan tetap fokus membidik targetnya.

Target tersebut membuat Vinales berambisi merebut podium setiap seri MotoGP sebanyak-banyaknya hingga dirinya mampu mengumpulkan point dari setiap podium yang didapat untuk mengerjar gelar juara dunia tahun ini.

” Kami punya motor yang bekerja sangat baik. Saya sendiri harus bekerja keras, karena target dalam hidup saya adalah jadi juara dunia, tak ada yang lain,” jelas Vinales, melansir dari laman GPOne, Sabtu 11 April 2020.

Pembalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales Foto: MotoGP

Tentu target ini bukan jalan mudah bagi Vinales, karena dirinya mengaku seluruh rider memiliki tujuan sama yakni mendapatkan podium sebanyak-banyaknya dan mengumpulkan point guna meraih gelar juara dunia tahun ini.

Ia juga mengungkap balapan akan berlangsung ketat dimana tak hanya dirinya saja yang akan memaksimalkan setiap sisa balapan yang ada. Pembalap berbakat seperti Marc Marquez merupakan rider yang sulit ditaklukan di lintasan sirkuit.

Meski banyak yang memperhitungkan Vinales menjadi pesaing terberat Marquez, hal tersebut harus benar dibuktikan rekan satu tim Valentino Rossi saat balapan perdana di tengah pandemi Covid-19 berlangsung.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close