Trending

Jokowi terbentur balas budi, relawan sulit belok ke Puan malah kuat Ganjar

Karir politik Jokowi bukan rahasia umum melesat sejak menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta hingga menjadi Presiden, berkat tangan dingin PDIP. Kini Jokowi tentu harus balas budi menggunakan relawan untuk mendukung Puan Maharani.

Sebagaimana diketahui, PDIP saat ini sedang kencang memopulerkan sosok Puan Maharani maju dalam Pilpres 2024 yang akan diusung PDIP. Salah satu kantong massa yang dimanfaatkan tak lain para pendukung Jokowi yang sudah dua periode terbina dan memiliki loyalitas.

Namun sayangnya untuk membelokkan dukungan para relawan Jokowi ini sendiri tak semudah membalikkan telapak tangan tentunya. Hal ini akan menjadi kesulitan tersendiri bagi Jokowi yang secara tak langsung harus balas budi ke PDIP sebagai kendaraan politik hingga mencapai posisi sampai saat ini.

Komunitas Jokpro 2024
Komunitas Jokpro 2024. Foto jokowiprabowo.id

Kekuatan Jokowi sulit belok ke Puan Maharani untuk balas budi

Kekuatan Jokowi melalui relawan yang telah dijaga selama dua periode menjadi salah satu lumbung kekuatan yang bisa dimanfaatkan PDIP yang tengah mengusung Puan Maharani. Namun cilakanya sebanyak 75 persen relawan justru menguatkan dukungan bagi Ganjar Pranowo.

Kondisi inilah yang akan menjadi dilema bagi Jokowi untuk membelokkan dukungan para relawan kepada Puan Maharani.

Menurut pengamat politik Universitass Nasional Andi Yusran mengatakan jika posisi politik relawan dengan kandidat merupakan sementara.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. Foto : Ist
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. Foto : Ist

Sehingga menurut Andi seperti dikutip kantor berita politik Rmol, kandidat yang memenangai kontestasi hubungannya bersifat simbolik dan saling memperkuat sedangkan saat tidak menjabat relasinya sangat lemah.

Namun ketika sang patron tidak lagi menjabat, maka relasi antara keduanya (relawan dan sang patron) menjadi lemah,” demikian kata Andi saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (22/6).

Saat PDIP mendukung Puan Maharani sebagai calon presiden di tahun 2024 mendatang, Andi memprediksi partai berlambang banteng itu akan kesulitan meminta Jokowi menggeser relawannya mendukung Puan Maharani.

“Bisa diprediksi akan sulit bagi PDIP mengontrol ex Relawan Jokowi untuk  mendukung Puan,” demikian kata Andi.

Presiden Jokowi marah. Foto: Youtube.
Presiden Jokowi marah. Foto: Youtube.

Wakil Ketua Umum Relawan Jokowi, Aliansi Joko Widodo – Ma’ruf Amin (AL-JAMIN) Andy William Sinaga mengungkap saat ini internal relawan pendukung Jokowi terbelah.

Ada yang menginginkan tiga periode, juga ada yang menghormati ketentuan UUD 1945 bahwa Presiden hanya boleh dua periode.

“75 Persen kelompok relawan sudah mendeklarasikan mendukung calon Presiden, ya saya sebut nama saja pak Ganjar. Itu kelompok relawan besar,” ungkap Andi saat menjadi narasumber program Obrolan Bareng Bang Ruslan bertajuk “Berhitung Serius Presiden Tiga Periode” yang diselenggarakan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (22/6).

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close