Trending

Baliho Puan bertebaran di Jatim, siap nyapres?

Baliho bergambar Puan Maharani banyak terpasang di wilayah Jawa Timur, khususnya Surabaya. Hal ini menunjukkan keinginan kuat putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tersebut mencalonkan diri pada Pemilu Presiden ( Pilpres) 2024 mendatang.

Menanggapi hal ini, analis komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga menjelaskan, Jawa Timur, khususnya Surabaya, dapat dijadikan titik awal karena wilayah tersebut memang manjadi salah satu basis PDIP. Surabaya selama ini memang dijadikan barometer bagi PDIP.

“Karena itu, pemasangan baliho gambar Puan Maharani dapat diartikan juga sebagai tes ombak. Respons warga Jawa Timur, khususnya Surabaya, akan dijadikan tolok ukur pencalonan Puan Maharani,” kata Jamil seperti dilansir dari sindonews.com, Selasa (15/6/2021).

Menurut Jamil, dapat dipahami alasan PDIP mengawali pemasangan baliho Puan Maharani dari Surabaya. Hasil tes ombak ini diyakini akan dilanjutkan ke daerah lain, seperti Bali, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Selain Baliho, Puan juga akan terus bersafari menyapa masyarakat. Terlihat setiap akhir pekan Puan suka berkunjung ke daerah, seperti Manado dan kemarin ke Solo,” ujar Jamil.

Lebih lanjut dikatakan Jamil, safari Puan ini menguatkan analisis bahwa PDIP akan mengusungnya pada Pilpres 2024. Tampaknya, Puan akan menggunakan dua strategi, yakni melalui jalur darat dan jalur udara.

“Diperkirakan serangan dua jalur itu akan semakin intens dan meluas di masa mendatang. Tentu serangan itu akan diikuti oleh relawan dan kader militan PDIP,” tutur Jamil.

Tunjukkan kesiapan

Ketua DPP PDIP Utut Adianto mengatakan, Puan Maharani menduduki posisi sebagai Ketua DPP PDIP Bidang Politik, sehingga wajar jika ada balihonya. Kemudian, baliho itu juga menunjukkan kesiapan Puan jika memang ditunjuk oleh Ketum dan juga pengenalan Puan kepada masyarakat.

“Mba Puan kan Ketua DPP Bidang Politik, ini juga menunjukkan kesiapan beliau kalau beliau memang ditunjuk (sebagai capres/cawapres) dan juga pengenalan, kan naro (pasang) baliho di mana saja boleh,” kata Utut.

Baliho Puan Maharani di Jawa Timur. Foto: Ist
Baliho Puan Maharani di Jawa Timur. Foto: Ist

Tapi, Ketua Fraksi PDIP DPR ini mengingatkan posisi Puan saat ini adalah Ketua DPR, dan Puan tengah berkosentrasi pada jabatannya itu. “Tetapi sekali lagi, sekarang mba Puan sekarang sedang berkonsentrasi penuh untuk tugasnya sebagai Ketua DPR, Ketua DPR ini kan banyak turbulensinya,” ujarnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close