Hot

Bangun rumah Rp25 M, ternyata ini kerajaan bisnis Ustaz Solmed yang tak diketahui orang

Hops.id – Ustaz Solmed atau Sholeh Mahmoed Nasution, siapa yang tak kenal? Sosoknya merupakan pendakwah kondang di Tanah Air. Namanya kian dikenal usai sering menghiasi layar kaca dengan ceramah-ceramahnya.

Nama Ustaz Solmed rupanya menggaung usai berhasil menjuarai lomba pidato dan ceramah pesantren tingkat nasional, di Masjid Istiqlal, 19 tahun lalu.

Ia lantas mulai berdakwah keliling dari masjid ke masjid, hingga kerap dipanggil stasiun televisi. Seiring dengan ketenaran, sederet keberhasilan pun dia rengkuh. Kini, ustaz 36 tahun ini terpantau memiliki apapun yang dia mau, di antaranya rumah mewah di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Konon, rumah yang memiliki banyak ruangan pribadi itu dia bangun dengan dana mencapai Rp25 miliar. Hal ini setidaknya diungkap Alvin and Friends saat berkunjung ke rumah Ustaz Solmed, seperti dikutip Youtube Alvin & Friends, Sabtu 28 Desember 2019.

“Jadi benar Ustaz kalau rumah ini untuk ngebangunnya saja habis Rp25 miliar?” tanya Alvin.

“Jadi ada rezeki, kita nikmati, tapi semuanya tentu ini adalah surga buat siapa pun yang datang. Rumahku surgaku, saya kepingin rumah ini menjadi tempat yang paling nyaman untuk siapa pun yang datang ke sini,” jawab suami dari April Jasmine ini.

Ustaz Solmed (kanan). Foto: Tangkapan layar Youtube Alvin & Friends

Menurut ustaz yang dulu pernah diisukan memasang tarif tinggi untuk ceramah ini, saat membangun rumah, dia tidak pernah menghitung biaya yang dikeluarkan. Namun untuk konsep, diakuinya sangat dipikirkan betul.

Alhasil, kini Ustaz Solmed punya rumah yang menurutnya indah sesuai keinginannya.

“Alhamdulillah, yang penting kebangun, karena memang kita tuh kalau bangunan kita konsep, tapi duit kita enggak konsep. Jadi ada rezeki kasih, ada rezeki kasih.”

Gaya Timur Tengah

Rumah Ustaz Solmed berdiri di atas lahan seluas 1.000 meter persegi. Luas rumahnya dalam wawancara dengan Alvin, dikabarkan akan bertambah seiring pelebaran yang tengah digarap Solmed.

Rumah ustaz kondang ini mengusung gaya Timur Tengah. Gerbang depan terlihat megah yang tertempel inisial “SA”, singkatan dari Solmed dan April.

Rumah Ustaz Solmed. Foto: Tangkapan layar Youtube Alvin & Friends

Nuansa Timur Tengah seakan terasa sejak memasuki pintu masuk yang cukup besar layaknya pintu masjid. Menurut Ustaz Solmed, memang besar karena pintu rumahnya memang terinspirasi dari pintu Kabah.

Ustaz Solmed pernah mengatakan, bahwa tiap bulan ada 1.500 jemaah yang datang ke rumahnya buat mengaji. Dan semuanya bisa ditampung. Terbayang seberapa besar rumahnya bukan?

Ada beberapa ruangan mencolok yang jadi perhatian Alvin. Semua dihiasi dengan dekorasi mewah. Selain itu rumah yang didominasi cat putih itu turut memiliki beberapa ruangan favorit yang acap dibanggakan Ustaz Solmed?

Ternyata di rumahnya terdapat kolam renang indah, kafe, tempat live music, ruangan khusus merokok shisha, butik, sauna, hingga tempat gym. Untuk ruangan kafe, saat video dibuat masih dalam tahap renovasi.

“Jadi kafe ini buat ngejamu tamu. Kalau banyak orang kan ngejamu tamu di ruang yang biasa, umumnya ruang tamu tuh seperti apa, terus kita sama istri tuh punya ide yang beda, gimana caranya biar tamu tuh betah, punya suasana yang lain, terus mereka bisa nikmatin apa saja, ditambah lagi nanti kita ada live music.”

“Mau Arabian style, Europe, bebas saja, tergantung,” katanya.

Kerajaan bisnis

Di depan kafe, terdapat kolam renang indah. Kata Ustaz Solmed, lokasi ini menjadi salah satu titik favorit kala mengadakan pesta di rumah. Biasanya, kegiatan selalu dilakukan sambil menikmati kambing guling di pinggir kolam.

“Pokoknya buat kita-kita yang senang sisha, di sini. Yang senang makan kebuli di luar tempatnya, yang suka kafe live music di atas, yang suka nge-gym di sebelah, yang doyan berenang di depan,” kata Ustaz Solmed.

Alvin pun dalam kesempatan itu bertanya soal kerajaan bisnis yang dijalankan Ustaz Somed. Sebab, ternyata dia tak hanya mengandalkan pendapatan dari satu titik saja.

“Selain ceramah, ustaz kan juga bisnis, bisnis apa aja ustaz?”

“Travel, sata juga ada villa yang di Ciawi, lalu ada usaha tanah. Jadi kalau ada rezeki kita beli, kalau ada yang minat (tanahnya), kita jual.”

Laporan Wren Jonah

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close