Fit

Banyak makan kambing, Ini cara cepat turunkan kolesterol tanpa obat

Perayaan Idul Adha identik dengan santapan tinggi lemak dan kolesterol. Sebut saja sajian daging sapi kambing hingga kerbau. Belum lagi biasanya sajian tersebut dibuat bersama gulai kambing, sate kambing, hingga tengkleng.

Karena itu tak heran kamu tiba-tiba merasa kepala sedikit berat dan tengkuk yang terasa tegang. Bisa jadi, kadar kolesterol kamu naik.

Baca juga: Obat penurun kolesterol diteliti bisa lemahkan COVID-19 jadi flu biasa

Daging kambing memang kaya nutrisi, misalnya protein, lemak, kalium, zat besi, zinc, kalsium, selenium, fosfor, folat, vitamin B, vitamin K, dan vitamin E. Meski kaya nutrisi, daging kambing juga sumber lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, jika dikonsumsi berlebihan.

Tapi jika sudah terlanjur konsumsi kambing, agar tidak mengganggu aktivitas hari ini, kamu perlu segera menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tanpa obat, inilah cara alami menurunkan kolesterol dengan cara mengelola makanan Anda seharian, seperti dilansir dari The Heart Foundation.

Merebus daging. Foto: Legit.ng.
Merebus daging. Foto: Legit.ng.

1.Sarapan

Oat bisa jadi pilihan yang sehat untuk memulai hari Anda. Tak hanya mengenyangkan, oat juga kaya serat larut. Dengan asupan serat harian yang disarankan 25-30 gram untuk orang dewasa, satu porsi oat bisa memberi Anda hingga empat gram serat, dan Anda bisa menambahkan lebih banyak serat dengan mencampurkan beberapa potong buah-buahan dan kacang-kacangan ke dalam bubur oat.

2.Makan siang

Kacang-kacangan jenis legume seperti buncis adalah sumber serat larut yang sangat baik. Sepiring nasi putih (atau merah!) dengan tumis buncis dan sayuran adalah pilihan tepat di siang hari nanti untuk membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.

3.Makan malam

Lemak tak jenuh tak hanya menjanjikan penurunan kadar kolesterol yang sehat, tapi ini juga merupakan jenis lemak yang lebih sehat. Pilihannya adalah omega-3, asam lemak tak jenuh ganda, yang bisa Anda dapat dari ikan. Jadi, pastikan ikan salmon atau ikan tuna akan jadi menu makan malam Anda nanti ya.

4.Dessert

Butuh dessert di sela makan besar? Apel, buah beri, dan buah jeruk mengandung sejenis serat larut yang disebut pektin. Rasanya yang manis sudah cukup untuk memanjakan lidah.

5.Snack

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber makanan yang kaya lemak tak jenuh penurun kolesterol. Segenggam kecil kacang sebagai camilan di antara waktu makan, dapat membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama. Konsumsi kacang-kacangan secara teratur juga dikaitkan dengan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah, lho.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close