Trending

Status Jaksa Pinangki di kepolisian, Bareskrim: Statusnya hanya saksi

Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dit Tipikor) Bareskrim Polri hari ini akan memeriksa Jaksa Pinangki dengan pemanggilan status saksi.

Meski telah terbukti memuluskan jalan bagi Djoko Tjandra yang menjadi buronan terkait kasus Bank Bali pemeriksaan Pinangki nantinya hanya sebagai saksi.

Muslima Fest

Baca juga: Radar Megawati tangkap sinyal banyak orang mau jadi presiden saat ini

Menurut Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono pemeriksaan akan digelar di Kejaksaan Agung RI pukul 10.00 WIB.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono. Foto: Antara
Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono. Foto: Antara

Pemeriksaan tersebut dilakukan Pinangki, mengingat dirinya saat ini tengah mendekam di rutan Salemba cabang Kejagung dan menjadi tersangka oleh penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus).

Baca juga: Megawati jawab tuduhan publik yang bilang PDIP sarang PKI, begini katanya

Penetapan tersangka yang dilakukan oleh institusi tempat Pinangki bekerja tersebut karena dinilai terbukti menerima gratifikasi dari Djoko Tjandra.

Untuk melakukan pemeriksaan yang dijadwalkan hari ini, Bareskrim mengaku telah melayangkan surat kepada Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin terkait permintaan izin pemeriksaan.

Pemeriksaan sendiri dilakukan Bareskrim guna meminta klarifikasi dari informasi dan keterangan yang dimiliki polisi dari saksi yang telah diperiksa.

Jaksa Pinangki
Jaksa Pinangki. Foto Suara.com

Sekaligus mendalami penyidikan untuk mengembangkan terkait kasus yang melibatkan dirinya dengan kasus pelarian Djoko Tjandra yang terungkap.

“Pemeriksaan untuk mengklarifikasi keterangan saksi dan beberapa pihak yang telah ditetapkan menjadi tersangka,” ujar Karo Penmas Mabes Polri,Brigjen Pol Awi Setiyono.

Seluruh prosedur perizinan telah dilayangkan ke Kejaksaan dan sudah mendapatkan izin untuk melakukan pemeriksaan kepada Jaksa Pinangki.

“Kabareskrim melalui Direktur Tipikor Bareskrim Polri telah bersurat ke Kepala Kejaksaan Agung RI bahwasanya meminta izin untuk melakukan pemeriksaan terhadap jaksa PSM,” kata Awi saat konferensi pers di Gedung Bareskrim Polri.

Djoko Tjandra ditangkap
Djoko Tjandra ditangkap. Foto ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.

Jaksa Pinangki terima USD500 ribu

Penyidik Kejaksaan Agung menetapkan Jaksa Pinangki jadi tersangka dalam kasus Djoko Tjandra. Jaksa Pinangki diduga menerima hadiah 500 ribu dollar AS.

Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung menetapkan Jaksa Pinangki Sirna Malasari sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji.

“Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus berdasarkan bukti permulaan yang cukup tadi malam menetapkan tersangka dengan inisial PSM,” ujar Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung Hari Setyono dalam jumpa pers di Jakarta dikutip Antara, Rabu 12 Agustus 2020.

Hari mengatakan setelah dilakukan penetapan tersangka, tim penyidik pada Selasa malam 11 Agustus 2020 langsung melakukan penangkapan terhadap Pinangki di kediamannya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close