Trending

Baru banget jadi Menteri Jokowi, kini Sandiaga diprediksi bisa gantikan Prabowo

Salah satu rival Joko Widodo dalam Pilpres 2019 silam yakni Sandiaga Uno, kini diangkat jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Kabinet Indonesia Maju. Baru saja jadi menteri Jokowi, kini Sandiaga diprediksi bisa jadi nama kuat dan berpeluang ikut bertarung dalam Pilprs 2024 mendatang.

Prediksi tersebut diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis (SUDRA), Fadhli Harahab yang menilai bahwa setelah Sandiaga masuk dalam kabinet Jokowi, dia memiliki potensi dan peluang yang sama dengan menteri lainnya dalam petarungan Pilpres 2024 nanti.

Bahkan menurutnya, Sandiaga layak dijajarkan dengan sejumlah tokoh politik senior, termasuk pasangannya dalam Pilpres 2019 kemarin yakni Prabowo Subianto dan beberapa nama lainnya seperti Mahfud MD, Erick Thohir, Airlangga Hartarto, dan Tito Karnavian.

“Airlangga, Prabowo dan Sandi, Aku pikir paling berpeluang di jajaran kabinet. Bukan hanya sekadar memiliki modal elektabilitas, mereka juga memiliki peran sentral di parpol masing-masing,” kata Fadhli Harahab, mengutip Warta Ekonomi.

Baru banget jadi Menteri Jokowi, kini Sandiaga Uno diprediksi bisa gantikan Prabowo | Sandiaga Uno. Foto: Antaranews

Tak hanya dijajarkan dengan sosok kuat di panggung politik, dia juga menilai sebenarnya Sandiaga juga berpeluang menggantikan Prabowo Subianto sebagai kandidat calon presiden atau pun wakil presiden dalam pesta demokrasi di 2024.

Meski begitu tentunya dengan persyaratan, Prabowo mau bertindak sebagai ‘King Maker’. King Maker sendiri merupakan istilah bagi seseorang atau sebuah pihak yang memiliki pengaruh politik besar, tanpa turun langsung atau mencalonkan diri.

Menparekraf Sandiaga harus kerja keras

Peluang Sandiaga itu memang terbilang sulit, namun bukan berarti tak bisa terwujud asalkan dia mau bekerja keras untuk meyakinkan Prabowo dan para jajaran internal Partai Gerindra.

“Kalau kalkulasinya kandidat capres atau cawapres yang ditawarkan Gerindra satu orang, mau tidak mau Prabowo atau Sandi,” tuturnya.

Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto. Foto: Antara
Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto. Foto: Antara

Jika disandingkan dengan survei yang ada, Fadhil tak bisa mempungkiri bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih berada di puncak elektabilitas.

“Kita tahu, Sandiaga memiliki banyak modal untuk ikut bertarung di pilpres mendatang. Kedekatannya dengan banyak kalangan khususnya milenial akan sangat mengangkat tingkat keterpilihan sebagai kandidat kuat,” ujarnya.

Pilpres 2024 masih lama, masih ada kesempatan cari panggung

Pengamat politik dari UIN Jakarta ini juga melihat ada berbagai peluang yang akan muncul mengingat pesta demokrasi Pilpres 2024 terbilang masih jauh.

Di waktu seperti inilah yang harus digunakan para tokoh politik untuk mencari panggung dan terus menggenjot elektabilitasnya agar bisa mendapat simpati rakyat.

“Semua nama menteri yang terjaring survei aku pikir mempunyai peluang, tinggal bagaimana mereka mampu menggunakan panggung dan momentum untuk terus meningkatkan elektabilitasnya. Berposisi sebagai menteri tidak lantas membuat puas. Bisa jadi posisi ini menjadi senjata makan tuan karena tidak bisa menggunakannya sebagai instrumen merebut simpati rakyat,” tandasnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close