Hobi

Kecepatan aman kendarai motor saat musim hujan, risikonya badan remuk

Memasuki musim hujan yang terjadi di banyak wilayah, terkadang sering membuat banyak pengendara abai batas kecepatan malah ngebut di jalan.

Tujuannya hanya satu, menghindari hujan, maupun agar cepat sampai tempat tujuan tanpa harus terjebak hujan di tengah jalan. Namun penting diketahui, pengendara yang ngebut saat hujan dijamin akan benjut.

Risiko terjadinya kecelakaan pun sangat besar ketika pengendara memilih memacu kecepatan sepeda motornya saat hujan tiba yang dapat berujung pada petaka.

Kebiasan pengendara motor di musim hujan
Kebiasan pengendara motor di musim hujan Foto: Antara

Kecelakaan yang terjadi bisa akibat hilangnya pengendalian sepeda motor karena berkurangnya traksi antara ban dan aspal akibat licin.

Hal lain yang bisa terjadi saat pengendara kehilangan kendali akibat adanya aquaplaning dari jalanan yang telah tergenang air. Saat kendaraan dipacu kecepatan tinggi maka permukaan ban justru akan berjalan diatas permukaan air.

Baca juga: 4 Kebiasaan fatal pengendara motor saat musim hujan yang haram diikuti

Kondisi ini akan sangat berbahaya karena jika terjadi satu gerakan pengendalian motor yang salah, maka sepeda motor akan sulit dikendalikan, ataupun saat melakukan pengereman mendadak yang membuat ban akan minim traksi.

Pengendara motor saat musim hujan
Pengendara motor saat musim hujan Foto: Antara

Akibatnya, ban tidak akan berhenti dan membuat motor kehilangan kendali. Risiko inilah yang akan membuat pengendara mengalami luka serius karena terjatuh dari motor.

Saat musim hujan tiba, idealnya menurut instruktur safetu riding dan pakar keselamatan berkendara Jusri Pulubuhu dibutuhkan penyesuaian karakter berkendara.

Penyesuaian berkendara ini menurutnya sangat diperlukan karena pengguna motor pada dasarnya rentan mengalami kecelakaan, termasuk dalam situasi cuaca buruk.

“Apalagi kalau sudah terjatuh atau ada benturan sifatnya full body contact atau langsung berpengaruh ke tubuh pengendara,” katanya.

Pengendara motor saat musim hujan
Pengendara motor saat musim hujan Foto: Antara

Kecepatan ideal saat musim hujan

Kunci utama berkendara saat musim hujan tiba selain penyesuaian berkendara, yakni batasan kecepatan yang harus diperhatikan pengendara di musim hujan.

Batasan kecepatan ideal ini memiliki pengaruh dan meminimalisir terjadinya risiko kecelakaan yang bisa dialami seluruh pengendara sepeda motor.

“Kecepatan ideal yang harus ditempuh pengendara sepeda motor saat musim hujan tiba yakni sekira 30 hingga 40 kilometer per jam,” jelas Jusri.

Perhitungan kecepatan tersebut merupakan batasan pengendara masih bisa mengendalikan sepeda motor dalam kondisi hujan selain kondisi tapak roda masih memiliki traksi dengan aspal.

Berkendara dalam kecepatan lebih rendah, juga membuat pengguna sepeda motor bisa lebih mewaspadi kondisi sekitar.

Munculnya genangan air setelah hujan deras ditambah kemungkinan adanya lubang di permukaan jalan juga menjadi faktor penyebab kecelakaan yang perlu dicermati selama berkendara di musim hujan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close