Hobi

Baterai HP cepat habis? 7 hal ini bisa jadi penyebabnya

Baterai HP yang cepat habis tentu membuat aktivitas menjadi terhambat karena harus selalu mencari sumber listrik untuk melakukan charging. Selain itu, jika berada dalam suatu keadaan yang mendesak namun baterai HP cepat lowbatt juga bikin sebel dan menjengkelkan.

Baterai HP yang boros bisa disebabkan karena pola pemakaian pengguna yang sembarangan atau juga karena kerusakan dari komponen-komponen tertentu.

Baca juga: 5 HP bagus untuk driver ojol, siap temani cari cuan di jalan

Lalu, apa sih penyebab baterai HP cepat habis? Menurut laman recharge.id, setidaknya ada 7 penyebab yang bisa bikin baterai HP cepat habis. Apa saja itu, simak ulasan berikut ini.

Masa pakai baterai habis

Setiap benda elektronik memiliki usia pakai, begitu pula dengan baterai HP. Setiap baterai memiliki masa pakainya masing-masing.

Setelah melewati usia pakainya, baterai akan mengalami sejumlah gangguan seperti lebih boros dan lebih cepat habis.

Kualitas baterai

Jika kamu ingin menggunakan baterai yang tidak original, atau biasa dikenal kw, sebaiknya jangan. Kamu lebih baik pakai baterai yang original saja, meskipun harganya mahal.

Ilustrasi HP yang di-charge. Foto: Pixabay

Karena jika kamu pakai baterai yang tidak original, nantinya bakal tidak sesuai dengan komponen di dalamnya dan bisa membuat HP cepat rusak.

Komponen charger

Jika kamu menggunakan charger dengan ampere yang terlalu tinggi dibandingkan kebutuhan HP, maka charger dapat berpotensi merusak cell yang ada di dalam baterai HP kamu.

Ini disebabkan karena kinerja baterai HP melemah dalam menyimpan daya, sehingga HP jadi cepat lowbatt. Intinya, sesuaikan charger kamu dengan kebutuhan HP kamu ya!

Banyak aplikasi berjalan

Banyaknya aplikasi yang terus berjalan di belakang layar atau background juga bisa membuat baterai HP cepat lowbatt. Meskipun layar mati, namun beberapa aplikasi tetap memperbarui datanya dan sistem terus bekerja.

Agar tidak terlalu boros baterai, matikan mode aktif yang ada di latar belakang pada aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan.

Sedangkan pada aplikasi yang rutin dibuka seperti aplikasi perpesanan dan media sosial biarkan saja berjalan di latar belakang agar tetap bisa menerima notifikasi.

Kualitas jaringan

Jika kamu berada di suatu wilayah yang susah sinyal, kamu pasti pernah merasakan HP lebih cepat panas. Hal ini disebabkan karena HP bekerja lebih keras untuk mencari dan menangkap sinyal. Nah, proses inilah yang menyebabkan tingginya konsumsi daya baterai HP.

Ilustrasi aplikasi di handphone. Foto: Thomas Ulrich di Pixabay

Selain itu, sinyal HP yang tidak stabil atau sering hilang akan membuat baterai jadi cepat habis juga. Untuk mengatasi ini, kamu dapat coba mematikan HP sejenak biar kerja baterai tak terlalu ekstra.

Sistem bermasalah

Sistem yang bermasalah juga bisa menyebabkan indikator baterai jadi tidak akurat. Untuk memastikan apakah sistem yang rusak atau baterai yang rusak, bisa dilakukan dengan kalibrasi baterai.

Namun jika sudah melakukan kalibrasi baterai tapi HP masih juga drop, bisa jadi ada yang salah pada sistem HP. Sistem jadi tidak bisa mengenali isi daya baterainya sendiri. Nah , coba kamu reset untuk mengatasi ini.

Hardware bermasalah

Jika keenam penyebab di atas tidak bisa mengatasi masalah baterai HP kamu yang cepat drop, kamu bisa memastikan apakah ada hardware yang rusak atau tidak. Demikian karena banyaknya komponen dalam HP yang bisa mempengaruhi baterai jadi cepat habis. Untuk mengetahui ini, kamu bisa coba membawanya ke tempat servis HP kamu yang resmi.  

Itu dia tadi 7 penyebab baterai HP cepat habis. Jika kamu sudah tahu, maka sebaiknya langsung tangani dengan tepat biar baterai HP kamu nggak cepat habis lagi dan bisa menjalani kegiatan dengan leluasa.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close