Hot

Bawa HAM, Farhat Abbas bela Saipul Jamil: Dia jadi gubernur atau bupati masih bisa

Setelah menyelesaikan masa tahanan dan dinyatakan bebas, Saipul Jamil tak lantas diterima oleh masyarakat. Ia banyak mendapatkan penolakan dari publik hingga berbagai figur publik kenamaan. Baru-baru ini, pengacara Farhat Abbas dan Elza Syarief pun ikut buka suara soal polemik yang menjerat Saipul Jamil.

Farhat Abbas beranggapan bahwa orang yang bersikap kontra terhadap Saipul Jamil tidak menghargai hak asasi manusia. Baginya, Saipul Jamil sudah menebus kesalahannya dengan menjalani hukuman.

Muslima Fest

“Maksud saya pribadi, kalau ada orang-orang yang masih menghujat, masih menggiring, mempermalukan Saipul Jamil dengan cara-cara membuat opini yang negatif. Saipul Jamil ini sudah menjalani proses hukum pembinaan. Justru adalah orang-orang yang tidak mengerti hukum, orang-orang ini adalah orang yang kurang ajar, orang-orang yang tidak menghargai hak asasi manusia, Karena menurut saya Bang Ipul setelah mejalani proses hukuman itu adalah orang yang merdeka,” ungkapnya dilansir dari kanal YouTube Saipul Jamil Official pada Selasa, (26/10/21).

Farhat Abbas. Foto: Instagram @farhatabbasofficial
Farhat Abbas. Foto: Instagram @farhatabbasofficial

Farhat Abbas menyebut hak politik Saipul Jamil belum dicabut dan masih bisa mengajukan diri sebagai calon bupati hingga gubernur.

“Jangankan mau main sinetron atau mau main film atau dikontak bintang iklan, jadi bupati atau gubernur pun bisa.”

“Bang Saipul Jamil masih bisa menjadi bupati. Punya hak politik untuk dipilih maupun memilih. Tidak dicabut hak pilihnya. Jadi gubernur masih bisa, masuk partai masih bisa.”

Lebih lanjut, Farhat Abbas menyebut pemberian sanksi moral terhadap Saipul Jamil adalah hal yang berlebihan. “Jadi mereka-mereka yang menghujat, mereka-mereka yang mempermalukan kemudian menyatakan orang ini harus dihukum seumur hidup dengan sanksi sosial dan sanksi moral, itu terlalu berlebihan,” ungkapnya.

Elza Syarief ikut dukung Saipul Jamil

Selaras dengan Fahat Abbas, Elza Syarief juga memberikan dukungannya untuk Saipul Jamil. Dalam pernyataannya, Elza menyebut bahwa korban Saipul Jamil sudah dewasa sehingga penggunaan kata pedofil tidaklah tepat. “Menurut pendapat saya itu masuk udah catatan dewasa karena udah punya KTP, udah punya SIM. Yang dibilang anak di bawah umur itu anak-anak remaja misalnya umur 16 tahun ke bawah.”

Saipul Jamil
Sumber: Instagram

Menurut Saipul Jamil, korbannya sudah berusia 18 tahun saat peristiwa itu terjadi. “Keterangan di Pengadilan sudah dijelaskan bahwa korban itu umurnya 18 tahun kurang 1 bulan dan sudah ber-KTP.”

Elza Syarief pun meminta agar masyarakat mendukung Saipul Jamil.

“Justru dikembalikan ke masyarakat, masyarakat ini harusnya menolong. Menolong melakukan pembinaan kepada Saipul Jamil untuk supaya dia dapat hidup. Tidak melakukan sesuatu itu terulang kembali. Kalau sampai terus dihina begini, ini sesuatu yang merusak kejiwaan dia.”

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close