Trending

Bawa nama Tuhan, Jubir Presiden bilang begini soal reshuffle kabinet: Dalam bahasa rakyat…

Salah satu Juru Bicara alias Jubir dari Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman mengungkapkan soal adanya reshuffle kabinet.

Menurut Fadjroel terkait kabar perombakan kabinet Jokowi-Maruf yang semakin gencar tersebut, hanya bakal diketahui oleh Tuhan Yang Maha Esa dan Presiden Jokowi saja.

Setidaknya, kata dia, bakal ada sosok yang mengisi dua kementerian baru, di antaranya Kementerian Investasi dan kementerian yang merupakan gabungan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

“Dalam bahasa rakyat, hanya Presiden Joko Widodo dan Tuhan yang Maha Esa yang tahu, kapan, siapa yang akan menduduki jabatan menteri, setidaknya di dua kementerian baru tersebut,” kata Fadjroel, mengutip dari Okezone pada Selasa, 27 April 2021.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman. Foto: Antara
Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman. Foto: Antara | Bawa nama Tuhan, Jubir Presiden bilang begini soal reshuffle kabinet

Fadjroel menegaskan bahwa kebijakan reshuffle alias perombakan menteri tersebut merupakan hak prerogatif seorang Joko Widodo selaku orang nomor satu di Indonesia.

“Atau dalam bahasa legal, reshuffle adalah hak prerogatif presiden,” jelasnya.

Terlebih dia mengungkapkan, sebenarnya dalam waktu dekat ini Presiden Jokowi sendiri belum pernah menyatakan keinginannya untuk melakukan reshuffle kepada publik.

Namun nantinya kalau saja kebijakan itu terwujud, maka bukan tidak mungkin Jokowi bakal mengumumkannya di hadapan publik seperti reshuffle yang dilaksanakan pada 22 Desember 2020 silam.

“Apabila reshuffle memang diperlukan, maka Presiden sendiri yang akan mengumumkan dan menyampaikan kepada publik seperti reshuffle 22 Desember 2020 di Beranda Istana Merdeka,” tutur Fadjroel.

Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin bersama Kabinet Indonesia Maju di halaman Istana Merdeka, pada Rabu (23/10/2019). Foto: Antara
Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin bersama Kabinet Indonesia Maju di halaman Istana Merdeka, pada Rabu (23/10/2019). Foto: Antara

Selain itu Fadjorel menuturkan kalau saat ini yang diketahui publik hanya tentang persetujuan DPR terkait peleburan Kemenristek ke Kemendikbud dan adanya Kementerian Investasi. Dimana dia menilai hal ini berdasarkan berbagai pertimbangan dan dinamika yang terjadi.

Tentu apa yang jadi kebijakan pemerintah, termasuk reshuffle menteri ini bakal disesuaikan dengan kebutuhan dan aspirasi dari rakyat.

“Tentu pertimbangan pemerintahan sesuai perkembangan kebutuhan dan aspirasi rakyat,” imbuhnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close