Trending

Cara mudah bikin teks deskripsi dengan struktur yang baik dan benar

Membuat teks deskripsi dengan struktur yang baik dan benar menjadi hal utama yang tak boleh hilang, karena akan berpengaruh pada teks yang hilang sehingga tujuan deskriptif tidak akan tercapai sesuai tujuan penulis.

Membuat teks deskripsi sendiri memiliki empat struktur atau biasa disebut elemen dasar yang harus dipenuhi. Diantara elemen tersebut seluruhnya harus lengkap dan tidak bisa terpisahkan sehingga struktur teks deskripsi menjadi sempurna.

Struktur teks deskripsi terdiri atas empat elemen dasar yaitu judul, identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi. Elemen tersebut membangun gambaran secara detail dari sebuah objek, tempat ataupun peristiwa.

Menulis dan mencatat di buku. Foto: Ist.
Menulis dan mencatat di buku. Foto: Ist.

Teks deskripsi sendiri terdiri atas beberapa bagian kalimat yang berkaitan dan kuat memiliki unsur membawa pembaca pada penggambaran sesuai dengan tujuan pembuatan tulisan tersebut.

Umumnya teks deskripsi terdapat pada ensiklopedia, buku bacaan atau bahkan kemasan dari produk makanan atau obat-obatan.

Namun, teks deskripsi berbeda dengan teks prosedur yang terdapat pada kemasan obat. Oleh karena itu, kita akan membahas mengenai teks deskripsi mulai dari pengertian, ciri, struktur dan contohnya.

Butuh cara tersendiri membuat daftar isi dalam karya tulis. Ilustrasi laptop. Foto: Pixabay
One Stop Solution IT Services. Ilustrasi laptop. Foto: Pixabay

Teks deskripsi adalah salah teks yang gagasan utamanya dikembangkan dengan dilukiskan atau dikembangakan dengan sejelas-jelasnya.

Dalam pengertian lain, teks deskripsi dapat diartikan sebagai sebuah paragraf yang menjabarkan secara jelas peristiwa, objek, atau tempat yang dalam bacaan tersebut yang menjadi topik pembaca.

Teks deskripsi dilukiskan dengan cara yang sejelas-jelasnya dengan tujuan agar pembaca bisa merasakan langsung atau seolah-olah ada dalam teks cerita tersebut, sehingga apa yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca bisa dipahami dengan mudah.

Pada umumnya penulis menjelaskan teks menggunakan suatu ilustrasi seperti rasa, warna, rasa, keadaan atau kesan yang ada sesuai dengan topik yang ingin disampaikan. Keberhasilan dari teks deskripsi ini bisa diukur ketika si pembaca bisa merasakan, melihat ataupun mendengar objek dan peristiwa yang sedang dideskripsikan.

Ciri-Ciri

Teks deskripsi memiliki sifat-sifat tertentu yang dapat dengan mudah dikenali oleh pembacanya. Umumnya, ciri-ciri dari teks ialah:

Tiap paragraf berisikan deskripsi atau penggambaran.

Penjelasan yang digambarkan sangat rinci dan mendetail.

Melibatkan kesan indera sehingga pembaca ikut membayangkan apa yang sedang dibahas.

Menjelaskan ciri fisik atau psikis objek.

Menulis teks eksplanasi. Foto: Ist.
Menulis teks eksplanasi. Foto: Ist.

struktur teks deskripsi

Struktur

Pada umumnya, teks deskripsi disusun oleh empat elemen dasar yaitu:

Judul : untuk mengetahui apa isi dari teks deskripsi tersebut.

Identifikasi : merupakan kalimat pengantar mengenai apa yang akan dijelaskan pada teks deskripsi.

Klasifikasi : berisikan urutan atau penggolongan dari topik yang akan dibahas.

Deskripsi : penjelasan secara detail mengenai topik yang dibahas.

Jenis

Seperti yang kita tahu, teks deskripsi memiliki cakupan yang luas. Oleh karena itu, teks deskripsi digolongkan menjadi tiga jenis yaitu :

Teks deskripsi subjektif, merupakan teks deskripsi yang mengambil topik berdasarkan kesan atau penilaian dari penulis teks tersebut.

Teks deskripsi spastal, yaitu teks deskripsi yang menggambarkan sebuah lokasi atau ruang.

Teks deskripsi objektif, teks deskripsi yang menggambarkan keaadan dari sebuah objek tanpa menambahkan penilaian dari penulis teks.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close