Hobi

Begini cara mudah mengatasi laptop yang mengalami hang

Bagi yang memiliki laptop, tentu kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi laptop yang mengalami hang. Hal ini diperlukan agar pekerjaan kamu tidak terganggu jika tiba-tiba laptop hang.

Bila laptop tidak responsif dan tiba-tiba hang, kamu perlu memeriksanya secara menyeluruh. Awalnya, kamu perlu mencari penyebab mengapa laptop kamu hang. Tujuannya untuk mengetahui apakah laptop kamu hang disebabkan software atau hardware.

Baca juga: Sering charge HP pakai powerbank? Hati-hati 4 dampak ini bisa bikin rugi

Laptop bisa hang karena beberapa hal, seperti terlalu panas, ada virus, masalah pada OS, hardisk yang bermasalah ataupun RAM yang penuh.

Di sebagian besar sistem operasi seperti Windows 10, Windows 7, Windows XP, laptop dapat mengalami masalah hang. Entah karena intermiten atau hardware lain di komputer.

Lalu, bagaimana sih mengatasi laptop yang hang dengan cara yang mudah? Jika laptop kamu hang, setidaknya ada dua cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Tutup software pada task manager

Kamu bisa menekan tombol CTRL+SHIFT+ESC pada laptop merk Dell. Namun pada laptop kebanyakan, kamu bisa menekan CTRL+ALT+Del. Kemudian tunggu hingga muncul fitur task manager.

Ilustrasi seseorang tengah mengoperasikan laptop
Ilustrasi seseorang tengah mengoperasikan laptop Foto: Wallin Klarich

Setelah itu, pilih serta hentikan software dengan klik ‘End Task’. Dengan cara ini, kamu dapat menutup software maupun aplikasi yang sedang berjalan atau yang mengalami masalah secara paksa.

Shutdown laptop secara paksa

Selain dengan cara sebelumnya, kamu juga bisa mematikan laptop secara paksa. Hal ini mudah sekali dilakukan, hanya dengan menekan tombol power selama sekitar 5 detik, nantinya laptop akan mati secara langsung. Dari sinilah kamu dapat mencoba menghidupkan laptop kamu kembali.

Jika cara-cara tersebut tidak mengatasi masalah hang pada laptop kamu, mungkin telah terjadi kerusakan pada hardware. Jika demikian, sebaiknya kamu membawa laptop kamu ke tukang servis.

Tak hanya itu, sebagai informasi, software antivirus juga dapat menyebabkan hang. Hal ini biasa terjadi jika perangkat lunak antivirus sudah kadaluwarsa atau menjalankan lebih dari satu software pada komputer kamu.

Jika kamu memasang lebih dari satu software antivirus, sebaiknya hapus beberapa dan sisakan satu yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kamu. Selain itu, rajin-rajinlah memeriksa update pemasangan software antivirus kamu.

Potret laptop. Foto: Unsplash

Nah itu dia beberapa cara mudah mengatasi laptop yang mengalami hang. Jika sudah paham, kamu sekarang udah nggak perlu khawatir lagi jika mengalami kejadian laptop hang.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close