Hot

Begini cara tidur tanpa AC tapi enggak kegerahan, gampang banget!

Suhu ruangan yang panas tentu bisa mengganggu tidur. Mungkin, masalah tersebut dapat langsung selesai bagi orang yang memiliki AC di kamarnya. Namun, bagaimana yang tidak memilikinya dan terpaksa harus tidur tanpa AC?

Untuk menyiasati rasa gerah tersebut, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa tidur sehat, nyenyak dan enggak kegerahan meski tanpa AC.

Baca juga: 5 Cara mudah cegah kram otot saat bersepeda

Melansir Health.grid.id, berikut adalah sejumlah cara yang bisa kamu ikuti untuk membuat suasana di kamar kamu jadi tidak gerah.

Matikan gadget

Perangkat gadget atau gawai dan elektronik seperti laptop, HP, dan televisi dapat membuat udara di kamar terasa panas.

Begitu juga dengan lampu yang menyala semalaman yang dapat membuat kamar terasa lebih gerah.

Maka dari itu, biar kamar kamu tidak terasa gerah, kamu bisa mematikan semua gawai dan juga lampu di kamar kamu, agar udara terasa lebih sejuk dan tidur jadi lebih nyenyak.

Kenakan pakaian bahan katun

Pakaian berbahan dasar katun bersifat ringan dan tipis, sehingga dapat membuat pemakainya merasa nyaman dan tidak panas.

Ilustrasi orang tidur. Foto: Claudio Scott di Pixabay

Jika pakaian berbahan katun masih dirasa tidak nyaman, kamu dapat mengganti dengan pakaian lain yang sesuai dan menurut kamu lebih nyaman.

Selain itu, untuk mengatasi rasa gerah, kamu juga bisa mengenakan bra, atau singlet dan celana dalam yang juga berbahan nyaman.

Pilih sprei yang nyaman

Pilihan sprei untuk kasur kamu juga dapat membuat tidur terasa gerah dan tidak nyaman. Biasanya, sprei yang terasa panas adalah sprei yang berbahan dari sutra atau polyester.

Biar tidur kamu enggak gerah meski tanpa AC, kamu dapat memilih sprei berbahan katun supaya terasa lebih dingin pada malam hari.

Mandi sebelum tidur

Mandi tepat sebelum tidur pada malam hari dapat membuat rasa gerah di tubuh menjadi hilang. Hal ini disebabkan karena mandi mampu menurunkan suhu panas tubuh dan membuat kamu merasa lebih sejuk.

Tidur
Tidur Photo: Pixabay

Menurut laman halodoc, mandi malam dapat membersihkan kulit tubuh yang kotor setelah seharian beraktivitas.

Kamu dapat mandi dengan air hangat agar tubuh menjadi lebih rileks, merangsang rasa kantuk dan membuat tidur lebih nyenyak.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan biar tidur kamu enggak gerah meski tanpa AC. Lakukan cara tersebut dengan benar, maka kamu akan mendapatkan tidur yang nyenyak. (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close