Sains

Begini pandangan Islam tentang bentuk bumi, bulat atau datar?

Sejak zaman Yunani kuno hingga kini, perdebatan mengenai bentuk bumi agaknya tak pernah usai. Meski ahli astronomi sepakat bentuknya bulat, namun ada sebagian pihak atau kelompok yang bersikeras menganggapnya datar. Lantas, bagaimana Islam memandang hal tersebut?

Tokoh intelektual Islam sekaligus pendiri Pusat Studi Al Quran atau PSQ, Quraish Shihab memastikan, Islam menganut kepercayaan bumi bulat. Sebab, kata dia, hal itu sejalan dengan penelitian panjang terkait ilmu pengetahuan dan sains. Bahkan, ia justru menyalahkan pihak-pihak—terutama umat muslim—yang menentang fakta tersebut.

“Kalau kita (umat muslim) masih memertahankan anggapan tentang bumi datar, mungkin orang lain bakal menertawakan,” ujar Quraish saat berdiskusi dengan putrinya, Najwa Shihab, dikutip dari saluran Youtube Narasi, Minggu 25 Juli 2020.

Baca juga: Bumi diyakini hancur 500 tahun lagi, manusia diminta cari planet baru

Mendengar ucapan tersebut, Najwa seketika bereaksi. Dia merasa, masih banyak umat Islam dan agama lain yang ketus menganggap bentuk bumi datar. Meski peneliti sudah menyodorkan banyak bukti, namun kepercayaan mereka tak berubah. Malahan, ada yang sampai berujar bahwa ‘bumi bulat’ merupakan kebohongan yang disengaja.

“Banyak yang masih berpendapat bumi itu datar, dan kemudian mereka (umat muslim) mengatakan itu tercantum dalam Al Quran. Jadi itu sebenarnya bagaimana?” tanya Najwa.

Najwa Shihab dan Quraish Shihab. Foto: Narasi

Seakan telah mengantongi jawaban, Quraish dengan sigap merespon pertanyaan Najwa. Kata dia, tak sedikit yang salah kaprah memahami ayat Al Quran. Sebab, dalam kitab suci tersebut, ada perbedaan makna mengenai kata ‘diciptakan’ dan ‘dijadikan’. Maka, untuk mengetahui bentuk bumi, umat muslim harus mengetahui perbedaan keduanya.

“Di dalam Quran ada dua istilah, yaitu menciptakan dan menjadikan. Khusus untuk bumi, Tuhan menciptakannya dalam bentuk bulat, dan menjadikannya datar untuk orang-orang yang hidup (di permukaannya),” terangnya.

“Jadi meski bentuk bumi bulat, jika Anda berada di dalamnya, Anda bakal selalu melihat permukaannya datar. Itu bedanya, maka diperlukan ketelitian untuk memahaminya,” tambah Quraish.

Ilustrasi Bumi
Ilustrasi Bumi Photo; Pixabay

Pengakuan angkasawan muslim

Akhir tahun lalu, angkasawan asal Uni Emirate Arab atau UEA, Hazza Al Mansouri mendarat selamat di bumi setelah menjalani delapan hari yang menegangkan di Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Setelah pendaratan itu, ia pun membawa pengalaman unik untuk diceritakan kepada publik.

Hazza Al Mansouri. Foto: BBC

Saat itu, dikutip dari BBC, salah seorang wartawan bertanya kepada Hazza mengenai bentuk bumi. Dia dengan mantap menjawab, bentuknya bulat. Sebab, ada pola lengkung di bagian horizon.

“Kalau kalian bertanya bentuk bumi, saya pastikan bumi itu bulat, bukan datar. Saya telah melihatnya dengan mata kepala saya sendiri. Jadi kini, saya bisa memberitahu kalian tentang semuanya,” kata Hazza kala itu.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close