Hobi

Ogah dicap mobil teroris, beli Toyota Land Cruiser gak boleh sembarangan

Jajaran mobil Toyota kerap diidentikan sebagai kendaraan teroris, bukan perkara dukungan Toyota, Toyota bikin aturan bagi konsumen yang membeli Land Cruiser 300 agar mobilnya tersebut tidak dicap sebagai mobil yang digunakan teroris.

Kondisi itulah yang belakangan membuat Toyota juga tak mau mobilnya disebut sebagai kendaraan teroris yang sering digunakan. Menyiasati label sebagai kendaraan teroris, Toyota pun langsung membuat aturan terkait pembelian mobil.

Muslima Fest

Demi menghentikan penggunaan mobil Toyota oleh jaringan terorisme, dampaknya langsung dirasakan pembeli yang akan terikat peraturan dibuat oleh produsen Toyota. Meski tidak pada semua model, peraturan tersebut salah satunya berlaku bagi pembelian land Cruiser 300 terbaru.

Toyota Land Cruiser
Toyota Land Cruiser Foto: Indianautosblog

Toyota buat aturan pembelian Land Cruiser 300 agar tak di cap teroris

Agar tak di cap sebagai kendaraan teroris, konsumen yang ingin membeli land cruiser 300 akan di data secara detil oleh jaringan diler Toyota. Tak hanya data konsumen yang lengkap, Toyota juga membuat aturan bagi konsumen Land Cruiser 300 tidak boleh menjual mobilnya kembali.

Salah satu aturan tersebut melansir Autoevolution, jika sebanyak 20 ribu calon pembeli Toyota Land Cruiser 300 di Jepang harus terikat perjanjian. Yakni dilarang menjual mobil untuk jangka waktu selama satu tahun.

Saat pembelian dilakukan, pengecekan juga akan dilakukan kembali oleh diler Toyota, jika data konsumen yang membeli sesuai dengan data yang dimiliki Toyota. Dalam kata lain, pengiriman mobil harus diterima dan sesuai dengan data yang masuk.

Sejarah perang toyota (Toyota War). Foto: voicesfromthefog
Sejarah perang toyota (Toyota War). Foto: voicesfromthefog

Tidak diperkenankan konsumen membeli Toyota Land Cruiser untuk orang lain, atau saat pengiriman mobil berbeda data dengan calon pemesan.

Uniknya, larangan tersebut justru berjalan implisit. Toyota sama sekali tidak mengeluarkan peraturan resmi akan larangan tersebut. Hanya saja jika ada konsumen yang ketahuan melanggar maka Toyota akan menjatuhkan hukuman denda bagi denda yang menjual mobil tersebut. Sebaliknya dealer yang kena hukuman akan membebankan seluruh denda itu kepada konsumen pembeli mobil Toyota Land Cruiser 300 itu.

Saat ini Toyota memang sangat ingin memastikan bahwa pembeli yang benar-benar tertarik memang datang dengan background yang jelas. Hal ini dilakukan agar mobil SUV legendaris itu tidak jatuh ke tangan “kelompok paramiliter atau teroris”.

Diketahui Departemen Pertahanan Amerika Serikat memang sempat melemparkan keheranan mereka kepada Toyota akan populernya Toyota Land Cruiser di kelompok paramiliter dant teroris. Toyota Land Cruiser 200 bahkan kerap digunakan oleh kelompok ISIS sebagai kendaraan operasional mereka. Mobil itu merupakan mobil populer kedua setelah Toyota Hilux.

Toyota Land Cruiser
Toyota Land Cruiser Foto: Indianautosblog

Spesifikasi Land Cruiser 300

Dari sektor pacu, pada generasi terbaru Toyota Land Cruiser terdapat mesin berkapasitas besar yang juga digunakan pada generasi sebelumnya. Bodi besar membuat mobil ini harus dibekali dengan mesin kapasitas besar untuk menunjang tenaga putaran roda.

Toyota sendiri masih tetap menggunakan mesin konfigurasi V8 twin turbo, dengan diesel turbocharged berkapasitas 3,3 L yang ditawarkannya. Sayangnya tidak ada spesifikasi detil terkait sektor pacu yang diusung mobil ini.

Meski terbilang memiliki kapasitas mesin lebih besar, namun Toyota Land Cruiser generasi sebelumnya masih menggunakan mesin kapasitas yang lebih besar dari generasi terbaru saat ini. Salah satunya model Land Cruiser 2020 yang menggunakan kapasitas mesin besar.

Generasi Toyota Land Cruiser sebelumnya menggunakan mesin berkode 1 VD-FTV 4.5T V8 32 katup DOHC Diesel Commonrail, berkapasitas 4.461 Cc yang menghasilkan tenaga mencapai 235 PS pada 3200 rpm. Torsi maksimalnya mencapai 615 Nm pada 2.200 rpm.

Harga Toyota Land Cruiser

Sebagai model yang banyak dimiliki kalangan kaya, Toyota Land Cruiser model lama dipasarkan dengan harga yang cukup fantastis. Dimana konsumen yang ingin memboyong mobil ini harus menyiapkan dana sebesar Rp2,2 miliar.

Sedangkan untuk generasi terbaru yang kabarnya baru akan diluncurkan akhir tahun 2022 ini, masih belum terungkap harga barunya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close