Lifestyle

Belum telat, hewan kurban masih bisa dibeli di 4 toko online ini

Hari ini umat Islam merayakan Idul Adha. Keistimewaan di hari raya ini, dianjurkan untuk menyembelih kurban bagi mereka yang mampu. Nah, buat kamu yang belum sempat membeli hewan kurban, masih ada waktu kok.

Di era digital seperti saat ini, segala sesuatunya jadi lebih mudah. Termasuk kamu bisa membeli hewan kurban secara online melalui platform e-commerce. Cara ini bisa jadi pilihan buat kamu yang membatasi aktivitas di luar rumah pada masa pandemi.

Baca juga: Belum aqiqah bolehkah berkurban? Dua hal ini bisa batalkan pahala kurban

Platform dagang elektronik bekerja sama dengan lembaga donasi untuk memfasilitasi kurban. Selain praktis, kurban yang kamu beli secara online bisa didistribusikan lebih luas kepada mereka yang membutuhkan.

Mau membeli hewan kurban secara online, kamu bisa cek lapak di e-commerce berikut, dikutip dari Antara.

Sapi hewan kurban
Sapi hewan kurban. Foto: Pexels

 Shopee

E-commerce dengan nuansa warna oranye ini menawarkan program Shopee Berkurban. Melalui aplikasi belanja online di ponsel, kamu bisa membeli hewan kurban berupa sapi dan kambing. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp1,4 jutaan.

Hewan kurban yang kamu beli melalui Shopee, dibeli dari dan didistribusikan oleh Baznas, Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat.

Bukalapak

Masuk ke Bukalapak, kamu bisa berkurban lewat program Bukakurban. Hewan yang ditawarkan cukup bervariasi, seperti kambing, sapi dan domba. Pembelian dan penyembelihan memang tidak bisa secara langsung. Tapi Bukalapak menjamin hewan kurban layak dan akan disembelih sesuai dengan syariat Islam.

Bukakurban bermitra dengan Lazismu, Baznas, Qurban Nusantara, Prodombas, Pusat Zakat umat dan Rumah Yatim. Mereka juga menggandeng Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan Nu Care Lazisnu.

Domba untuk kurban
Domba untuk kurban. Foto: Pixabay

Tokopedia

Tokopedia membuat program Qurban untuk Indonesia. Pilihannya ada sapi, kambing dan 1.7 sapi. Di aplikasi dijelaskan kalau kurban dilakukan sesuai dengan protokol COVID-19. Di antaranya memakai alat pelindung diri dan membersihkan peralatan dengan cairan disinfektan.

Kurban di Tokopedia akan dilakukan dan didistribusikan oleh lembaga Baznas, Dompet Dhuafa, Eco Qurban, Human Initiative dan IZI.

Selain lembaga-lembaga tersebut, Tokopedia juga bekerja sama dengan LAZ Al Azhar, NU Care-LAZISNU, Rumah Zakat dan Qurban Nusantara.

Blibli

E-commerce ini menawarkan program Berkurban Penuh Berkah untuk sapi, kambing, domba dan unta hingga 31 Juli.

Pengguna bisa memilih hewan yang disediakan oleh mitra mereka untuk program ini, yaitu Ternaknesia, Aksi Cepat Tanggap, Rumah Zakat, Human Initiative, BMH, Insan Bumi Mandiri, Da’arul Quran, Dompet Dhuafa dan Baznas.

Jadi, kamu mau pilih yang mana?

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close