Sains

Benarkah air rebusan mi instan bahaya? Begini penjelasan Kemkominfo

Sudah banyak desas-desus di media sosial yang menyebut bahwa air rebusan mi instan berbahaya dan tak boleh dikonsumsi. Hal ini lantaran terdapat kandungan lilin di dalam mi yang larut dalam air tersebut ketika dimasak.

Namun, rumor ini telah dibantah oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia. Begini penjelasannya!

Baca Juga: Lagi, youtuber ini bikin video prank bagi-bagi daging isi sampah

Melalui laman web resmi, Kemkominfo menyebut bahwa rumor mengenai air rebusan mi yang berbahaya adalah hoaks. Kabar bohong ini pun masuk dalam kategori disinformasi.

Air rebusan mie instan Foto: Random Creativity
Potret air rebusan mie instan Foto: Random Creativity

“Faktanya, menurut beberapa ahli mengganti rebusan mi instan tidak diperlukan, sebab dalam mie instan terdapat beberapa vitamin,” tulis Kemkominfo dalam website.

Adapun kandungan vitamin yang dimaksud adalah asam folat dalam terigu dan berbagai vitamin yang ditambahkan melalui proses fortifikasi.

Asam folat sendiri memiliki banyak manfaat, di antaranya membentuk sel tubuh, mencegah kekurangan darah, gangguan jantung, stroke, hingga meningkatkan daya ingat.

Jika dilihat dari informasi nilai gizi pada kemasan, terdapat beberapa vitamin dalam mi instan, mulai dari vitamin A, B1, B6, dan B12. Selain itu, terdapat pula kandungan niasin, asam pantotenat, dan zat besi di dalamnya.

Tak hanya Kemkominfo,Kementerian Kesehatan pun telah mengonfirmasi kabar ini.

Dilansir dari laman web Kementerian Kesehatan, isu kandungan lilin dalam mi instan sama sekali tidak benar. Hal ini dikemukakan oleh seorang nutrisionis, Jansen Ongko, MSc, Rd. Menurutnya, produsen mi instan menggunakan teknik lain yang dapat membuat mi tetap awet dan kering, namun mengembang saat dimasak.

Hal senada juga disampaikan oleh pakar kesehatan gizi klinis dr. Nany Leksokumoro, MS, SpGK. Menurutnya, air rebusan mi tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Hanya saja, mengganti mi instan dengan kuah baru dapat menguarangi kadar lemaknya.

Jadi, tak perlu lagi khawatir untuk mengonsumsi air rebusan mi instan lagi, ya. Sudah dijamin aman! (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close