Trending

Benci produk asing, HNW pukul telak Jokowi pakai produk satu ini

Presiden Jokowi baru saja mengumumkan gerakan untuk benci produk asing yang justru dinilai aneh. Tak sedikit yang menduga jika Jokowi akan segera mengeluarkan revisi atau mencabut omongannya terkait produk asing.

Kondisi tersebut berdasar atas kondisi sebelumnya, dimana Jokowi akhirnya melakukan pencabutan Perpres Miras yang sudah ditandatanganinya.

Pendapat tersebut mengemuka dari Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) yang diungkap melalui akun twitter pribadinya. Keanehan tersebut menurut Hidayat akan menimbulkan revisi yang dilakukan Jokowi dari Istana.  

Presiden Joko Widodo
PresidenJoko Widodo. Photo: Instagram

“Aneh. Mungkin akan ada revisi dari Istana,”tanya Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) dalam akun Twitter pribadinya, sesaat lalu, Kamis 4 Maret 2021.

Menurutnya, pernyataan tersebut aneh karena jika Jokowi menggaungkan anti produk luar negeri, namun beberapa waktu lalu pemerintah sendiri mendatangkan vaksin covid-19 sebagai produk luar negeri yang digunakan untuk seluruh masyarakat.

“Untuk vaksin Covid-19 saja yang diambil produk-produk luar negeri. Produk dalam negeri yang berkualitas tak kunjung ‘dihadirkan’,” kata HNW.

Boikot produk Prancis. Foto: Twitter
Boikot produk asing. Foto: Twitter

Jokowi ajak masyarakat kampanyekan cinta produk Indonesia

Langkah Presiden Jokowi menggaungkan cinta produk dalam negeri diutarakannya saat membuat rapat kerja nasional Kementerian Perdagangan tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta Kamis 4 Maret 2021. Dengan mencintai produk Indonesia, secara tidak langsung masyarakat diminta untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri sendiri.

Kampanye cinta produk Indonesia, Jokowi juga mengajak masyarakat menggaungkan benci produk-produk luar negeri.

“Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia, harus terus digaungkan, produk- produk dalam negeri. Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri,” kata Jokowi.

Jokowi saat umumkan nama enam menteri baru. Foto: YouTube Sekretariat Presiden
Jokowi saat umumkan nama enam menteri baru. Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Jokowi cabut Perpres Miras

Pencabutan Perpres Miras yang dilakukan Jokowi menjadi jalan panjang pemimpin Indonesia yang pernah berkaitan dengan Miras atau minuman beralkohol. Selain Perpres miras Jokowi, ada mantan Presiden RI pernah membahas soal Miras di Indonesia bahkan masih jelas jejak digital hingga kini.

Bahkan pembahasan miras dari Presiden sebelumnya lebih besar dan hingga kini masih cukup banyak jejak digitalnya. Miras yang menjadi pembahasan memang berbeda dengan konteks miras yang terjadi belakangan ini.

Jika Presiden Jokowi sempat mengeluarkan Perpres terkait investasi industri miras di tanah air, dan dicabut setelah mendapat masukan dari pemuka agama.

Topik

1 Komentar

  1. Setuju dengan ajakan pak Prediden …. by the way HNW apa sudah 100% tidak memakai produk luar negeri sehingga bisa kasih komentar spt itu ?????

    Buktikan …!!!!!

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close