Trending

Bengkulu berguncang, tetap aman saat gempa bumi dengan 3 gerakan ini

Simak cara melindungi diri agar tetap aman saat gempa bumi terjadi.

Pagi ini, Rabu 19 Agustus 2020 Bengkulu diguncang gempa bumi berkekuatan 6,8 magnitudo dan 6,9 magnitudo. Dikutip dari akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bermagnitudo 6,8 terjadi pada pukul 05.23 WIB dan kemudian disusul gempa 6,9 magnitudo pada pukul 05.29 WIB. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa bumi cukup hebat, hingga warga setempat merasakan benda-benda di dalam rumah bergetar hebat. Gempa bumi bisa terjadi kapan saja dengan berbagai intensitas. Tidak perlu panik berlebihan, lakukan langkah-langkah berikut agar tetap aman saat gempa bumi.

Baca juga: Baru dirilis, uang Rp75.000 seri HUT RI Ke-75 dijual tembus jutaan rupiah

Kita tidak pernah tahu, kapan gempa bumi akan terjadi. Maka, enggak ada salahnya membuat persiapan agar kamu dan orang-orang tersayang tetap aman dan selamat. Dilansir dari earthquakecountry.org, berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan saat terjadi gempa bumi.

Berlatih tiga posisi

Ada tiga hal atau posisi yang bisa kamu lakukan saat gempa terjadi untuk menghindari cedera. Tiga gerakan ini dianjurkan oleh para ahli dan bisa dipraktekkan di mana saja, termasuk di rumah, sekolah, kantor atau saat traveling.

Dilansir dari laman earthquakecountry.org, kamu bisa berlatih berlutut, lindungi kepala serta berpegangan.

Posisi berlutut. Ilustrasi: earthquakecountry.org

Berlutut dengan bertumpu pada tangan dan lutut. Posisi ini bisa melindungimu dari terjatuh saat guncangan. Sambil merangkak, kamu bisa menuju tempat perlindungan terdekat.

Lindungi kepala saat gempa bumi. Ilustrasi: earthquakecountry.org

Lindungi kepala dan leher dengan satu tangan. Kepala adalah bagian pertama yang perlu dilindungi. Jika ada menja yang kokoh, berlindunglah di bawahnya. Kalau tidak ada tempat berlindung, merangkaklah ke arah dinding dekat tiang penyangga, jauhi jendela. Tetap berlutut dan membungkuk untuk melindungi organ vital kamu.

Berpegangan saat gempa bumi melanda. Ilustrasi: earthquakecountry.org

Berpegangan hingga guncangan berhenti. Kalau kamu menemukan tempat berlindung di bawah meja, berpegangan ke kaki meja dengan satu tangan, siap-siap berpindah posisi jika meja bergeser. Jika tidak ada tempat berlindung, lindungi kepala dan leher kamu dengan kedua lengan dan tangan.

Bergerak seminim mungkin, karena kebanyakan cedera saat gempa bumi diakibatkan karena jatuh tersandung barang-barang serta membuat kepala terluka atau patah tulang.

Gempa terjadi saat kamu masih di tempat tidur

Jangan bangun dari tempat tidur. Ambil posisi tengkurap untuk melindungi organ-organ penting. Tutupi bagian kepala dan leher dengan bantal, letakkan lengan sedekat mungkin dengan kepala. Lindungi kepala dengan lengan dan tangan hingga guncangan berhenti. Dengan begini, risiko kamu terluka akibat benda yang berjatuhan dan pecah bisa diminimalisir.

Saat berada di bangunan bertingkat

Berlutut, lindungi kepala dan berpegangan. Hindari area jendela. Setelah guncangan berhenti, evakuasi ke luar bangunan dengan tangga. Hindari lift untuk menghindari terjebak saat listrik padam.

Saat di luar ruangan

Hindari berada di dekat pembatas jalan, pohon, marka, bangunan, kendaraan dan benda lainnya. Lalu berlutut, lindungi kepala dan berpegangan. Gerakan ini bisa melindungimu dari benda-benda yang terlempar dari arah samping, meski tidak ada benda apa pun di atasmu.

Gempa saat sedang berkendara

Tidak perlu panik, menepilah ke sisi jalan, berhenti dan aktifkan rem kendaraan. Hindari jembatan, marka jalan dan benda-benda lain yang berisiko menimpamu. Tetap berada di tepi jalan hingga guncangan berhenti. Setelahnya berkendaralah dengan pelan untuk menghindari jalan yang rusak. Jika kabel listrik menimpa kendaraanmu, tetap berada di dalam sampai pemadam kebakaran atau polisi datang untuk mengevakuasi.

Nah, itu tadi langkah-langkah yang bisa kamu terapkan jika gempa bumi melanda. Stay safe everyone!

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close