Trending

Berpeluang maju, menakar kekuatan Habib Rizieq dan UAS di Pilpres 2024

Kendati Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 masih lama, namun sejumlah nama sudah masuk dalam bursa. Bukan hanya politisi, pemuka agama seperti Habib Rizieq Shihab dan UAS turut berpeluang maju di Pilpres.

Terkait hal itu, Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya mengaku, tak masalah jika Habib Rizieq dan UAS maju pada Pilpres 2024 mendatang. Asalkan, kata dia, keduanya harus mengikuti Konvensi Calon Presiden atau Capres.

Baca juga: PA 212 ogah dukung Prabowo, Gerindra: Bikin aja partai sendiri

“Kalau Nasdem sendiri melakukan konvensi. Apakah partai-partai lain juga melakukan konvensi? Nasdem partai terbuka. Kalau UAS mau daftar sebagai kandidat untuk bakal Capres, Nasdem terbuka. Habib Rizieq juga silakan daftar,” ujar Willy, dikutip dari Jitunews, Senin 10 Agustus 2020.

Ustaz Abdul Somad. Foto: Dok Antara.
Ustaz Abdul Somad. Foto: Dok Antara.

Willy menyadari, Habib Rizieq dan UAS punya banyak sekali pendukung. Selain itu, keduanya juga sangat populer di media sosial. Namun, bekal tersebut tak cukup untuk membuat mereka menang. Sebab, untuk menjadi Capres, diperlukan kemampuan komunikasi politik yang baik.

“Tentu ranah agama dan ranah politik itu dalam proses berkompetensi dan berkontestasi adalah dua hal yang berbeda. Cuma preferensi itu penting, media sosial itu memang penting, dan itu cukup kuat,” terang Willy.

“Nah, sejauh apa kemudian modal sosial yang kuat itu mampu menjadi lebih kuat ketika ditransfer menjadi modal politik,” tambahnya.

Meski begitu, Willy menyerahkan sepenuhnya kepada publik terkait kemungkinan Habib Rizieq dan UAS maju pada Pilpres 2024 mendatang. Ia tetap memersilakan keduanya mendaftar sebagai calon presiden apabila memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan undang-undang.

Ketua PA 212 Slamet Maarif. Foto: Suara.
Ketua PA 212 Slamet Maarif. Foto: Suara.

Diketahui, sebelumnya Ketua Umum Persaudaraan Alumni atau PA 212, Slamet Ma’arif mengisyaratkan, sudah tidak akan mendukung Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang. Pihaknya telah mengalihkan jagoan ke kandidat lain yang lebih muda. Habib Rizieq dan UAS merupakan dua nama yang turut ia sebutkan.

“Bagi kami, Prabowo sudah selesai. Masih banyak kader muda yang layak pimpin negara ini ke depan. 2024 saatnya yang muda yang berkarya,” kata Slamet.

“Masih banyak tokoh muda, ada Sandiaga Uno, Riza Patria, Anies Baswedan, Aa Gym, UAS, Habib Rizieq Shihab, dan lain-lain.” (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close