Trending

Besok MUI perbolehkan salat jumat kecuali 62 lokasi ini, simak daftarnya

Majelis Ulama Indonesia akhirnya memperbolehkan umat muslim kembali melaksanakan ibadah salat jumat di masjid. Keputusan ini diambil mengingat kondisi pandemi covid-19 terkendali, namun MUI larang 62 lokasi rukun warga tidak boleh melaksanakan salat jumat berjamaah.

Menurut Ketua MUI DKI Jakarta Munaha Muchtar, larangan terhadap 62 rw tersebut, berdasarkan data dari dinas kesehatan dan Pemprov DKI Jakarta yang memantau wilayah tersebut masih masuk daam kategori zona merah. Karenanya penyelenggaraan salat jumat ditiadakan untuk menjaga kesehatan bagi umat muslim di lokasi zona merah tersebut.

“MUI DKI Jakarta mulai besok hari Jumat, sudah memperbolehkan masjid-masjid dan mushola-mushola di DKI Jakarta untuk dibukan dan melaksanakan Sholat Jumat,” ujar Munahar di Kantor MUI, Jakarta Kamis 4 Juni 2020.

Ilustrasi salat Jumat di Pakistan. Foto: Reuters.
Ilustrasi salat Jumat di Pakistan. Foto: Reuters.

Terkait 62 wilayah rukun warga yang masih berada di zona meraha Munaha meminta kepada umat muslim agar bersabat dan tetap menjaga kesehatan dan mengikuti aturan pemerintah agar wilayah segera pulih dan tidak masuk dalam kategori zona merah.

Mengingat saat ini sudah banyak wilayah di DKI Jakarta yang berhasil menjaga kesehatan dan saat ini sudah aman untuk kembali menjalankan ibadah salat di masjid dan mushala yang ada disekitar. “Untuk 62 RW yang zona merah, kami tidak merekomendasikan untuk membuka tempat ibadah tersebut, karena dikhawatirkan masih merebaknya virus atau Covid-19 ini,” tutur Munahar.

Meski sudah mempersilahkan masjid dan mushala kembali melaksanakan salat berjamaah, MUI tetap menghimbau seluruh pengurus masjid agar tetap menjaga protokol kesehatan covid-19 yakni dengan menjaga jarak ideal 1 meter antar jamaah selama menjalankan ibadah salat.

Namun standar protokol kesehatan ini juga tidak bisa dianggap fleksibel ketika jumlah jamaah yang cukup banyak dan masjid tidak mampu menampung jemaah yang akan menunaikan salat jumat dengan jarak 1 meter. Maka salat jumat tidak boleh dilakukan dua shift atau dua kali penyelenggaraan.

Warga melaksanakan salat ashar berjamaah dengan memberlakukan jarak sosial (social distancing), di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Rabu (1/4/2020). Foto: Antara/Irwansyah Putra.

Menurut Wasekjen Fatwa MUI Pusat, KH. Sholahuddin Al Aiyub menjelaskan, bagi jemaah yang datang terlambat dan tidak mendapat tempat di masjid serta tidak menemukan tempat Salat Jumat yang lain, atau dalam kondisi adanya alasan yang dibenarkan syariah, maka wajib menggantinya dengan Salat Dzuhur, sebagaimana Fatwa MUI Nomor 5 Tahun 2020.

Di antara isi fatwa tersebut, kata dia, pelaksanaan Salat Jumat dua gelombang yaitu lebih dari satu kali, di tempat yang sama pada waktu yang berbeda hukumnya tidak sah, walaupun terdapat udzur syar’i atau alasan yang dibenarkan secara hukum.

Salat Jumat di Pakistan. Foto: Reuters.
Salat Jumat di Pakistan. Foto: Reuters.

Berikut 62 RW Zona Merah di Ibu Kota:

RW 07, 09 Kebon Kacang

RW 12, 13, 14 Kebon Melati

RW 02, 04 Petamburan

RW 06 Kramat

RW 02 Kampung Rawa

RW 01 Cempaka Putih Barat

RW 03, 07 Cempaka Putih Timur

RW 10 Mangga Dua Selatan

RW 01 Gondangdia

RW 02 Cempaka Baru

RW 07, 10, 11, 12, 14 Pademangan Barat

RW 17 Sunter Agung

RW 12, 17 Penjaringan

RW 11 Penjaringan

RW 04 Rawa Badak Selatan

RW 01 Sukapura

RW 05 Cilincing

RW 01, 09 Semper Barat

RW 08 Kelapa Gading Barat

RW 01, 04, 07 Jembatan Besi

RW 01, 06 Krendang

RW 11 Angke

RW 03 Pekojan

RW 07 Duri Utara

RW 08 Kali Anyar

RW 12 Tanah Sereal

RW 03 Kota Bambu Utara

RW 05 Jatipulo

RW 04 Palmerah

RW 05 Maphar

RW 03, 04 Tangki

RW 01 Grogol

RW 06 Tomang

RW 01 Joglo

RW 05 Srengseng

RW 02, 08 Pondok Labu

RW 05 Lebak Bulus

RW 01 Utan Kayu Selatan

RW 07 Kayumanis

RW 03 Pondok Bambu

RW 02 Pondok Kelapa

RW 04 Kampung Tengah

RW 03 Batu Ampar

RW 05 Balekambang

RW 07 Bidara Cina

RW 10 Ciracas.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close