Unik

Biar anak aman, begini cara blokir konten video dewasa di YouTube

Dewasa kini anak dengan mudah mengakses Youtube. Sebagai orangtua, tentu merasa khawatir dengan video dewasa yang kerap muncul di Youtube, lantas bagaimana cara blokir-nya?.

Ya, banyaknya macam video di YouTube kadang membuat orangtua khawatir, karena bisa jadi anak-anak yang masih di bawah umur dapat menonton konten dewasa atau yang tidak diperuntukkan untuk usianya.

Baca juga: WhatsApp bakal luncurkan fitur Mute Always, bye grup berisik!

Konten dewasa tersebut bisa jadi adalah konten porno. Nah, tentunya orangtua tidak ingin hal tersebut dikonsumsi oleh anak-anak, kan.

Maka dari itu sebaiknya video dewasa di Youtube itu mesti di-blokir agar anak-anak tidak dapat menontonnya.

Untuk mem-blokir pilihan konten video di Youtube, pengguna dapat menggunakan fitur Mode Terbatas atau Restricted Mode. Mode Terbatas dapat berfungsi pada semua level, mulai dari browser hingga perangkat HP.

Ilustrasi Youtube. Foto: Nokianfans.id.
Ilustrasi Youtube. Foto: Nokianfans.id.

Hanya saja, supaya dapat digunakan, pengguna perlu mengaturnya satu per satu, termasuk untuk masing-masing akun.

Berikut ini merupakan beberapa langkah untuk mengaktifkan Mode Terbatas pada beberapa perangkat, yang dirangkum dari Gadgetren.com.

Blokir video dewasa YouTube di komputer

Untuk mengaktifkan pada browser, pengguna bisa mengaktifkan secara langsung setelah membuka beranda YouTube.

Dari halaman utama tersebut, pengguna bisa meng-klik foto profil pengguna di pojok kanan atas. Setelah muncul beberapa menu pilihan, selanjutnya klik Restricted Mode dan tekan Activate Restricted Mode.

Pada menu ini juga, pengguna dapat menon-aktifkan Mode Terbatas atau Restricted Mode jika sudah tidak dibutuhkan lagi

Blokir konten dewasa YouTube di Android

Tak berbeda jauh dengan di komputer, pengguna Android dapat mengaktifkan Mode Terbatas dengan mengetuk foto profil di pojok kanan atas halaman utama.

Dari halaman tesebut, kemudian pilih Settings dan masuk ke bagian General.

Pada bagian pengaturan ini, pengguna bisa mengetuk tombol slider pada opsi Restricted Mode ke posisi On jika ingin mengaktifkan Mode Terbatas atau mengetuknya ke posisi Off  jika ingin menonaktifkannya.

Blokir konten dewasa YouTube di iOS

Youtube
Youtube. Photo: Pixabay

Pengguna iOS dapat menemukan pengaturan Mode Terbatas dengan mengetuk foto profil, lalu memilih Settings.

Kemudian dari halaman tersebut, pengguna bisa memilih Strict untuk mengaktifkan Mode Terbatas, atau memilih Don’t Filter untuk menonaktifkannya.

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, pengguna dapat memiliki sedikit rasa tenang dan aman karena konten dewasa di YouTube tidak dapat diakses oleh anak-anak.

Namun, selain melakukan langkah pencegahan seperti di atas, mendampingi anak ketika menonton YouTube juga merupakan cara yang cukup efektif supaya anak tidak mengakses konten yang tidak sesuai dengan usianya. (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close