Hot

Bicara soal vonis Habib Rizieq, Iwan Fals: Caranya ceramah terlalu keras

Iwan Fals memberikan tanggapan saat ada fans yang menanyakan pendapatnya tentang vonis 4 tahun terdakwa Habib Rizieq Shihab (HRS) dalam kasus kebohongan data hasil tes swab di RS UMMI Bogor, Jawa barat. Iwan Fals mengomentari cara ceramah mantan pentolan Front Pembela Islam (FPI).

Musisi 59 tahun tersebut juga membandingkan gaya ceramah Habib Rizieq dengan mendiang Gus Dur. Seperti apa pendapat Iwan Fals tentang Habib Rizieq? Simak ulasan berikut.

Iwan Fals ditanya soal vonis Habib Rizieq

Belum lama ini, Iwan Fals menjawab pertanyaan dari fans lewat kanal YouTube Iwan Fals Official. Fans itu menanyakan pendapat Iwan Fals terkait vonis Habib Rizieq.

“Pendapat abang tentang vonis IB HRS gimana bang?,” kata Iwan Fals membacakan pertanyaan fans.

Menanggapi pertanyaan itu, Iwan mengaku tidak terlalu paham dengan kasus yang menjerat Habib Rizieq. Namun, menurut pria pemilik nama asli Virgiawan Listanto tersebut, Habib Rizieq adalah sosok yang keras. Penilaian itu dilontarkan Iwan karena dirinya melihat ceramah HRS di YouTube.

“IB HRS itu Habib Rizieq ya? Tapi penganutnya banyak ya Habib Rizieq. Cuma kalau saya lihat di YouTube, keras ya orangnya Habib Rizieq itu, menggebu-gebu, kalau marahi orang didengernya serem-serem gimana gitu, gimana ya,” ungkap Iwan Fals.

Iwan Fals
Iwan Fals. Sumber: YouTube

Pelantun Bento tersebut menjelaskan bahwa dirinya kurang sepakat dengan gaya ceramah Habib Rizieq.

“Cuman itu saya kurang sepakat dengan caranya ceramah terlalu keras buat saya. Terlalu keras buat saya, apa karena umur saya segini atau gimana tapi saya enggak bisa masuk, ya tiap orang seleranya lain-lain,” ujarnya.

Selain itu, Iwan Fals juga mengaku lebih suka gaya ceramah mendiang Gus Dur. “Saya suka kayak almarhum Gus Dur, jadi bisa masuk gitu, enggak kasar.”

Serahkan ke hakim

Untuk vonis Habib Rizieq sendiri, Iwan Fals menyerahkannya kepada hakim.

“Hakim lah, bagaimana pun hakim lebih tahu, kita harus menghormati keputusan itu. Kalau kita enggak percaya sama hakim, sama siapa lagi,” ujarnya.

Habib Rizieq Shihab. Foto: Ist.
Habib Rizieq Shihab. Foto: Ist.

Kata Iwan Fals, Habib Rizieq harus menerima semua risiko atas apa yang telah diperbuatnya.

“Hadapi itu semua dengan gagah, kalau enggak salah tuntutannya ada banyak, soal Covid, menarik juga diikuti hasil perkembangannya, tapi saya juga enggak mengikuti secara detail,” ucap Iwan.

Ia engaku tak ingin bicara tentang Habib Rizieq terlalu banyak. Karena menurutnya, ada sosok yang lebih kompeten menilai Habib Rizieq.

“Karena masih banyak alim ulama MUI, tokoh-tokoh berwibawa, urusan kiai para kiai juga yang menjawab ini. Kalau saya ngamen, music. Jawab soal surga, rasanya aduh jauh kali ya, apalagi untuk menilai Habib Rizieq,” pungkas Iwan Fals.

Diketahui, Habib Rizieq dkk diketahui mendapat vonis 8 bulan untuk kasus kerumunan acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri HRS di Petamburan yang dianggap melanggar aturan pandemi COVID-19. Ia juga mendapat vonis berupa denda Rp 20 juta subsider 5 bulan penjara karena terbukti melanggar protokol kesehatan dan menghalang-halangi petugas COVID-19 saat mendatangi pondok pesantren miliknya di kawasan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Habib Rizieq juga dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana atas kasus hasil tes swab RS Ummi. Ia terbukti menyiarkan berita bohong yang menyatakan dirinya sehat dalam video yang diunggah YouTube RS Ummi, padahal saat itu Habib Rizieq berstatus reaktif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab antigen. Atas kasus terebut, Habib Rizieq divonis 4 tahun. Menolak putusan hukuman itu, Habib Rizieq mengajukan banding.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close