Unik

Bikin adem, Habib Husein buktikan keturunan Rasulullah cinta kedamaian

Tanpa banyak bicara, sikap Habib Husein seakan menunjukkan bahwa seorang keturunan Rasulullah SAW sejatinya penuh cinta dan kedamaian.

Berbeda dari sejumlah pemuka agama lainnya, seorang habib muda yang satu ini penuh dengan citra kedamaian yang membuat setiap insan terhenyuh mendengar dakwahnya. Tuturnya santun, tak lantang, tak juga meluap-luap, namun diselingi dengan gaya bahasa santai khas anak muda.

Habib Husein Ja’far Al Hadar atau akrab dipanggil Habib Husein, ia merupakan seorang di antara habib yang memiliki penampilan anti mainstream. Tak seperti kebanyakan habib yang ada di tanah air, ia cenderung bergaya busana santai dengan raut ramah terlukis di setiap ujarannya.

Baca juga: Sebut nabi pernah sesat, Ustaz Evie Effendi diskak Habib Husein Ja’far

Kerap berdakwah melalui berbagai jenis platform di jejaring media sosial, Habib Husein seakan punya ruang tersendiri di hati anak-anak muda Indonesia. Bukan tanpa sebab, pasalnya setiap ucapan yang keluar dari mulut intelektual muda Islam ini penuh dengan kedamaian dan toleransi.

Bikin adem, Habib Husein buktikan keturunan Rasulullah cinta kedamaian. Foto: Instagram
Bikin adem, Habib Husein buktikan keturunan Rasulullah cinta kedamaian. Foto: Instagram

Sikap yang patut ditiru dari sosok Habib Husein salah satunya seperti yang terdapat dalam akun Instagram pribadinya @Husein_hadar, dalam caption unggahannya ia membagikan sebuah kisah ketika ia mengunjungi Desa Sukereno, Jember.

Ketika ia mengunjungi desa yang disebut sebagai Desa Pancasila ini, ia menemukan adanya harmonisasi antara umat beragama seperti yang tercermin pada cengkeraman kaki burung garuda ‘Bhineka Tunggal Ika’.

“Desa itu disebut Desa Pancasila karena di satu gang misalnya, ada penganut 3 agama (Islam, Katolik, dan Hindu) dgn 3 rumah ibadah (musholla, gereja, dan pura) plus 1 penganut aliran kepercayaan (Sapta Dharma),” tulis Habib Husein.

Foto Habib Husein bersama Emanuela Rina dan Irenius Sutrisno dari Katolik yang buyutnya pendiri yayasan gereja di desa Desa Sukoreno, Jember. Foto: Instagram
Bikin adem, Habib Husein buktikan keturunan Rasulullah cinta kedamaian | Foto Habib Husein bersama tokoh Katolik di desa Desa Sukoreno, Jember. Foto: Instagram

Dalam kesempatan berkunjung ke sana, uniknya Habib Husein tak hanya bersilaturahmi ke rumah pemuka agama Islam saja, namun ia juga memiliki niat baik untuk mendekatkan diri dengan tokoh-tokoh agama lain seperti Hindu, Katolik, hingga penganut aliran kepercayaan Sapta Dharma.

Seorang habib sekaligus penulis buku ini mengungkapkan perasaannya ketika berkunjung dan bertemu dengan beberapa tokoh agama tersebut.

“Saya merasakan kehangatan toleransi di sana dan mendengar cerita keakraban di antara mereka,” imbuhnya.

Baca juga: Balonku dianggap lagu murtad, Habib Husein singgung Ustaz Zainal Abidin

Walhasil sikap penuh kedamaian dan toleransi yang dimiliki Habib Husein menuai komentar pujian dari warganet di Instagram.

“Ini baru the real habib,” balas akun al_rka.

“Ini baru habis tulisan dan ucapannya bikin hati adem sejuk, sehat selalu bib,” ujar akun feryfery23

“Terima kasih bib, telah menunjukkan indahnya damai dan toleransi umat di tengah kegaduhan belakangan ini,” imbuh akun gdkrisnawan.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close