Fit

Bikin gemas! Gaji puluhan juta ngaku rakyat kecil, tagih bansos

Unggahan seorang pria di media sosial bikin emosi netizen. Meski punya gaji puluhan juta, dia menagih sembako bantuan dari pemerintah.

Pandemi COVID-19 yang diikuti dengan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) memang membuat aktivitas warga serba terbatas. Hampir semua kegiatan perekonomian lumpuh. Hal ini tentu saja memengaruhi pendapatan masyarakat.

Untuk membantu mereka yang terdampak, pemerintah berkomitmen memberikan bantuan sosial atau bansos berisi barang kebutuhan pokok. Yang menjadi sasaran tentu saja masyarakat yang ekonominya. Merekalah yang berhak mendapat bansos dari pemerintah.

Makanya, ketika seorang pria dengan akun Facebook Ayat Dhoif curhat tentang kesulitan hidup yang sedang dialaminya, unggahannya menjadi viral. Curhatan Ayat dibagikan oleh akun Instagram gosip, @lambe_turah.

Bukan kesulitan hidupnya yang membuat postingannya viral. Melainkan karena dia mengaku sebagai rakyat kecil tapi punya gaji puluhan juta. Pria itu berprofesi sebagai karyawan swasta di Jakarta. Blak-blakan dia bilang kalau memiliki gaji Rp20 juta perbulan. Itu sebelum corona, kini dia mengaku kesusahan karena gajinya dipotong.

Sembako disalurkan ke warga. Foto: Ist.
Sembako disalurkan ke warga. Foto: Ist.

“Tapi setelah COVID-19 saya hanya digaji separo. Hanya sekitar Rp10 juta per bulan.” Dengan nominal itu, dia masih harus membayar cicilan rumah dan mobil yang jumlahnya enggak sedikit. “Karena saya ada cicilan mobil 4,5 juta per bulan. Ditambah saya ada KPR sekitar Rp5 juta perbulan. Jadi sebulan saya hanya sisa Rp500 ribu.” Dia mengeluh kalau tidak membayar cicilan, bisa-bisa mobil dan rumahnya disita.

Baca juga: Kaget, jenazah lambaikan tangan dari dalam liang lahat

Setelah dikurangi cicilan, sisa gajinya tidak cukup untuk membeli susu anak. Dia pun memohon bantuan pemerintah untuk menghidupi keluarganya. “Saya mohon bantuan dari pemerintah untuk makan anak istri karena sisa gaji segitu tidak cukup.” Dia juga minta pemerintah untuk memperhatikan rakyat kecil seperti dirinya. “Mohon pemerintah perhatikan kami rakyat kecil yang sampai saat ini belum dapat bansosnya.”

Curhatan pria dengan gaji puluhan juta. Foto: Instagram @lambe_turah

Unggahan itu mendapat sindiran dari netizen. “Rakyat kecil gaeesss. apa kabar kita yang gajinya 1,6jt tapi Alhamdulillah masih bisa makan dan nggak ngandelin bantuan pemerintah yaa.” Netizen lain bercerita kalau dia di-PHK tapi masih bisa mandiri. “Apa kabar w yg gak punya penghasilan gegara corona kena phk. Tapi Alhamdulillah masih bisa makan tanpa harus ngemis kayak gini.”

Sementara yang lain memberi solusi atas masalah pria itu. “Mobil sama rumah dikembalikan aja ke bank Anda ngontrak beres. Gaji msh 10jt aja ngeluh apa kabar qt emak2 dijatah 3jt/bln buat mkn org serumah blm kebutuhan mendadak bersykurlah wahai bapak.”

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close