Fit

Bikin merinding, kayak begini isi di dalam masker kesehatan kalau di-zoom

Kamu sudah tahu kalau pakai masker wajib hukumnya. Tapi, apa kamu sudah tahu isi di dalam masker kesehatan?

Saat keadaan new normal, kita diwajibkan untuk menggunakan masker. Namun apa jadinya jika peranti masker kesehatan di-zoom dengan kamera pembesar.

Pemakaian masker sudah jadi kebiasaan penting untuk pencegahan penularan virus, terlebih di masa pandemi seperti ini. Penasaran bagaimana cara kerja serta isi masker kesehatan?.

Akun Instagram @unikinfo_id mengunggah sebuah video yang memperlihatkan isi lapisan masker yang diperbesar dari sebuah kamera.

Dalam video pendek tersebut terlihat betapa tebalnya lapisan pada masker kesehatan. Hal itu berguna untuk mencegah beberapa molekul – molekul kecil pembawa penyakit yang berasal dari udara.

Jika memutar video sampai selesai, kita bakal melihat beberapa molekul kecil yang diduga sebagai partikel jahat pembawa virus atau penyakit. Partikel tersebut akhirnya tertahan dan menempel di beberapa bagian di lapisan masker.

Dari hasil zoom video, kita juga bisa memahami betapa pentingnya memakai masker saat bepergian. Apalagi dunia sedang dalam masa darurat kesehatan.

Tapi, kita juga tidak bisa memilih masker secara sembarangan. Sebab beberapa jenis masker mempunyai bahan berbeda. Sehingga tingkat keefektifannya juga berbeda, makanya bisa berakibat fatal jika salah pakai.

Masker yang disarankan ilmuwan

Ke - 14 masker yang diuji oleh para ilmuwan dari Duke University, Amerika Serikat. Foto: New York Post
Ke – 14 masker yang diuji oleh para ilmuwan dari Duke University, Amerika Serikat. Foto: New York Post

Beberapa waktu lalu, sekelompok ilmuwan kesehatan yang berasal dari Duke University, Amerika Serikat telah membuat uji seberapa efektif masker dengan jenis bahan yang berbeda.

Mereka mencoba penelitian tersebut dengan memilih 14 masker yang mempunyai bahan berbeda dan hasilnya pun mencengangkan.

Dari 14 masker yang diuji, ilmuwan merekomendasikan hanya tiga jenis masker dengan bahan tertentu yang efektif digunakan guna mencegah adanya penularan virus dari individu ke individu.

Ketiga masker itu adalah masker N95 yang biasanya digunakan untuk tenaga medis profesional, masker tiga lapis, dan masker berbahan kapas yang mampu bekerja paling baik dari semua masker yang diuji.

Sementara itu, ilmuwan juga menyebut ada tiga masker yang tidak ampuh untuk digunakan diantaranya, masker bandana (slayer), masker hasil rajutan, dan pelindung leher (buff mask). (CTH)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close