Lifestyle

Bikin rusuh, kawanan monyet curi sampel darah pasien corona

Kawanan monyet di India menyerang pusat medis dan mencuri sampel darah dari pasien yang terbukti positif covid-19. Hal ini dikemukakan oleh pihak yang berwajib beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Reuters, serangan monyet yang mencuri sampel darah ini terjadi manakala seorang teknisi laboratorium tengah bertugas di kampus medis di Meerut, 460 km utara dari Lucknow, Ibukota Uttar Prades.

Baca juga: Vaksin corona diujicoba pada paru-paru monyet, hasilnya bikin kaget

“Monyet-monyet tersebut mengambil dan membawa kabur sampel darah dari empat pasien covid-19 yang tengah menjalani perawatan. Kami harus mengambil sampel darah mereka kembali,” ujar Dr S. K. Garg, pengurus tertinggi di kampus.

Pihak yang berwajb belum mengetahui secara pasti apakah kawanan monyet tersebut menumpahkan sampel darah. Namun, warga yang tinggal di sekitaran kampus mengkhawatirkan adanya persebaran virus yang semakin masif jika kawanan monyet yang sama turun ke permukinan warga.

Ilustrasi monyet
Ilustrasi monyet Photo: Pixabay

Belum diketahui apakah monyet dapat terjangkit virus korona jika melakukan kontak langsung dengan darah yang terinfeksi.

“Tidak ada bukti yang ditemukan terkait monyet yang dapat terjangkit infeksi,” jelas Garg.

Hingga saat ini, dipercaya bahwa virus korona menyebar dari hewan ke manusia melalui perdangan hewan di Wuhan, China, pada akhir tahun lalu.

India telah memiliki 165.799 kasus virus korona dengan 4.706 kematian. Negara dengan jumlah populasi yang sangat padat ini tengah menjadi salah satu negara dengan kasus virus korona yang melonjak tajam.

Baca juga: Disebut kadrunwadon, mantan Menteri Susi: Saya dinamakan monyet tak masalah!!

Akhir-akhir ini, kawanan monyet memang diketahui sering memasuki perumahan warga dan menciptakan keributan. Bahkan monyet juga tak jarang menyerang manusia. Menurut pakar lingkungan, hal ini diakibatkan oleh rusaknya habitat natural, sehingga kawanan hewan harus memasuki tempat tinggal manusia demi mencari makanan.

Kejadian ini pun terekam oleh kamera warga sipil dan ramai di internet.

Kendati demikian, wadah yang memuat sampel darah tersebut ditemukan kembali dalam keadaan yang masih baik.

Dheeraj Raj, pimpinan dari Meerut Medical College mengungkapkan bahwa tidak ada kemungkinan adanya kontaminasi yang semakin meluas. “Wadah masihlah utuh dan kami merasa tidak ada resiko kontaminasi atau persebaran [virus],” ujarnya. (Naryati)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close