Hot

Bill Gates cerai, total harta gono-gini Rp1.792 triliun siap dibagi ke mantan istri

Bill Gates mantap cerai dengan Melinda Gates.

Rumah tangga Bill Gates, orang terkaya keempat di dunia sudah tidak bisa diselamatkan. Ia dan istrinya Melinda Gates telah sepakat untuk cerai.

Melinda Gates telah mengajukan gugatan perceraian secara resmi terhadap Bill Gates pada Senin 3 Mei 2021. Pernikahan yang sudah dibina 27 tahun itu kandas tanpa diketahui penyebab pastinya.

Namun yang jadi sorotan publik adalah pembagian harta gono-gini dari keduanya. Apalagi fakta baru terungkap bahwa Gates dan istrinya tidak memiliki perjanjian pra nikah. Sehingga aset mereka akan dibagi berdasarkan kontrak perpisahan.

Dalam dokumen yang diajukan, Melinda mengaku bahwa penyebab perceraian adalah hubungan keduanya yang sudah tidak bisa diperbaiki.

Dilansir laman People, Perempuan berusia 56 tahun tersebut juga menolak adanya mediasi pasangan dalam proses perceraian.

Bill Gates
Bill Gates. Photo: Instagram @imbillgates

“Kami meminta pengadilan untuk membubarkan pernikahan kami dan mengakhiri pernikahan kami pada tanggal yang telah disebutkan dalam kontrak perpisahan kami,” ungkap Melinda dalam petisi perceraian yang dia ajukan, Selasa 4 Mei 2021.

Belum diketahui kapan tanggal perpisahan yang dimaksud Melinda dalam dokumen tersebut. Akan tetapi, Melinda dan Bill dijadwalkan akan menghadiri sidang perceraian pada April 2022. Selain itu, tanggal penyelesaian sengketa alternatif keduanya dijadwalkan pada Maret 2022.

Selain itu, Melinda juga mengajukan perintah pengaturan pembatasan keuangan sementara otomatis pada Senin. Tujuannya adalah utuk membatasi kemampuan dirinya dan juga Bill dalam membuang properti atau melakukan perubahan terhadap polis asuransi, kecuali jika disetujui secara tertulis.

Keduanya juga akan bertanggung jawab atas utang masing-masing yang timbul di kemudian hari, kecuali terhadap yang sudah disepakati secara tertulis. Melinda dan Bill juga akan memiliki akses terhadap semua catatan pajak, keuangan, hukum, dan rumah tangga.

Bill Gates hanya mewarisi anak sedikit harta

Perceraian tak membuat Bill Gates menghamburkan uang untuk anak-anaknya. Bill Gates bahkan mengaku tidak mewarisi anak-anaknya harta yang berlimpah.

Hal itu diungkapkan oleh Bill Gates sendiri pada tahun 2017 lalu di Reddit Ask Me Anything. Kala itu, Gates mengatakan ia hanya akan mewarisi ketiga anaknya masing-masing USD10 juta atau sekitar Rp144 miliar saja. Itu berarti kurang satu persen dari seluruh kekayaannya.

“Saya benar-benar berpikir meninggalkan anak-anak uang dalam jumlah besar bukanlah kebaikan bagi mereka,” kata Gates dilansir NZHerald, Selasa 4 Mei 2021.

Keluarga Bill Gates. Foto: Business Insider
Keluarga Bill Gates. Foto: Business Insider

“Warren Buffett membicarakan hal ini pada tahun 1986, sebelum saya bertemu dengannya, dan itu membuat saya memikirkannya dan memutuskan dia benar,” sambung Gates.

Bill Gates diketahui memiliki tiga anak dari hasil pernikahannya dengan Melinda. Mereka adalah Jennifer, Rory dan Phoebe.

Harta Gono-gini triliunan dibagi dua

Bill Gates adalah orang terkaya keempat di dunia, menurut Forbes, dan hartanya sebesar USD124 miliar (Rp1.792 triliun).

Keduanya adalah ketua bersama dan pengawas dari lembaga nirlaba Bill and Melinda Gates Foundation, yang diluncurkan pada 2000.

Yayasan tersebut saat ini memiliki aset lebih dari USD51 miliar (Rp737 triliun), menurut pengajuan pajak yang dikutip oleh CNBC.

Jika harta kekayaan Gates sebesar Rp1.792 triliun dan aset yayasan Rp737 triliun ditotal maka jumlahnya Rp2.529 triliun. Apakah kekayaan itu akan dibagi dua atau bagaimana, belum ada rincian lebih lanjut.

Bill Gates dan Melinda Gates. Foto: SCMP
Bill Gates dan Melinda Gates. Foto: SCMP

Hingga saat ini, tentang bagaimana harta gono gini itu dibagi dan berapa besar yang akan diperoleh masing-masing, masih belum jelas karena kabar perceraian itu pun baru saja muncul.

“Detail keuangan dari keputusan tersebut tidak segera jelas,” ungkap laporan kantor berita Reuters.

Keterkejutan masih dirasakan banyak pihak atas kabar perceraian itu. Dunia filantropi pun menunggu kabar lebih rinci tentang nasib yayasan pasangan tersebut yang memiliki banyak program di penjuru dunia.

Seperti diketahui Melinda dan Bill resmi menikah di hari tahun baru pada 1994. Pernikahan tersebut berlangsung di Lanai, Hawaii, dan saat ini keduanya telah dikaruniai tiga orang anak yang sudah dewasa yaitu Rory John, Phoebe Adele, dan Jennifer Katherine.

Melinda dan Bill mengumumkan perceraian mereka melalui media sosial. Keduanya berpisah setelah 27 tahun mengarungi rumah tangga bersama.

“(Kami) tak lagi yakin bahwa kami bisa bertumbuh bersama sebagai pasangan di fase selanjutnya dalam kehidupan kami,” tulis keduanya.

Terlepas dari perpisahan ini, Melinda dan Bill berkomitmen untuk tetap bekerja sama dan fokus menangani beragam misi melalui yayasan mereka yaitu Bill & Melinda Gates Foundation. Keduanya juga meminta diberikan ruang dan privasi bagi keluarga mereka.

“Kami meminta ruang dan privasi bagi keluarga kami saat kami mulai menavigasi kehidupan baru ini,” jelas keduanya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close