Trending

Hai milenial, BIN rilis akun media sosial lho dari IG sampai Youtube

Badan Intelijen Negara (BIN) punya akun media sosial lho sekarang. BIN kini memiliki akun semua medsos populer yaitu Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube.

Penting nih kalau mau mengakses informasi BIN langsung saja ke akun ini ya: binofficial_ri (Instagram), binofficial_ri (Twitter), binofficial.ri (Facebook) serta BIN Official RI (Youtube).

Baca juga: Duka wanita tersubur di dunia, suami kabur tak sanggup nafkahi 44 anak

BIN terjun ke media sosial karena didasari masyarakat sudah tergantung dengan media sosial untuk mengakses informasi, yang mana masih banyak informasi yang tak jelas sumbernya adn berujung masyarakat terpicu konflik.

Apalagi, selama masa pandemik Covid-19. Berdasarkan riset dari konsultan Kantar, media sosial seperti WhatsApp dan Instagram melonjak hingga 40 persen di seluruh dunia.

“Di tengah dunia yang terus bergerak cepat, BIN menganggap perlu untuk memiliki akun media sosial. Adanya akun media sosial resmi BIN menjadi salah satu cara membumikan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat, khususnya kepada generasi muda,” tutur Deputi-VII Bidang Komunikasi dan Informasi BIN, Wawan Hari Purwanto dikutip dari laman BIN, Selasa 30 Juni 2020.

Logo BIN
Logo BIN. Foto Instagram @indogravier

Intelijen dekati milenial

Hadirnya akun medsos resmi BIN ini, kata Wawan, merupakan penjabaran Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, namun dengan tetap menekankan pentingnya kerahasiaan sesuai Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2011 Tentang Intelijen Negara.

“Media sosial merupakan ruang virtual yang banyak digemari oleh semua orang, tidak terkecuali generasi muda. Dengan adanya, akun medsos resmi BIN maka diharapkan akan mendekatkan BIN dengan kalangan milenial untuk bersama-sama menciptakan ruang publik yang positif,” jelas Wawan.

Selain sebagai sarana menyosialisasikan berbagai isu terkini, akun resmi media sosial ini juga diharapkan mampu mendekatkan BIN dengan masyarakat luas.

“Dengan adanya akun resmi ini, maka masyarakat diharapkan tidak lagi mempercayai akun-akun media sosial yang mengatasnamakan BIN,” ujar Wawan.

Kepala BIN menerima Ketum KONI
Kepala BIN menerima Ketum KONI. Foto Dokumen BIN.

Cerdas bermedia sosial

Untuk itu, BIN mengajak masyarakat untuk terus menggunakan media sosial secara cerdas dan bijak. Dalam hal ini, masyarakat diharapkan mampu mengunggah konten-konten positif sesuai nilai-nilai luhur Pancasila, ikut menangkal hoaks, ujaran kebencian, dan radikalisme.

Warganet juga diimbau untuk tetap menjaga keamanan privasi akun dengan menggunakan media sosial secara bijak dan terukur guna menghindari ketergantungan yang rentan berdampak pada gangguan kesehatan mental

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close